Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Agama Islam Di SMPN 22 Bengkulu Utara

Authors

  • Risma Wahyu Utami SMPN 22 Bengkulu Utara

Keywords:

Google Form, Evaluasi, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik dan tenaga pendidk terkaip penggunaan google form sebagai alat evaluasi pembelajaran Agama Islam di SMPN 22 Bengkulu Utara. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penelitian ini adalah penelitian lapangan terhadap peserta didik kelas XI C pada ulangan harian materi Haji dan Umroh di akhir bulan Oktober 2022 dengan menggunakan google form sebagai alat evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/ kuisioner dalam bentuk google form, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan google form dalam kegiatan evaluasi pembelajaran Agama Islam memberikan dampak dan manfaat baik dari aspek efektif, efesiensi, daya tarik dan hingga desain tampilan, meskipun beberapa kelemahan penggunaan google form seperti siswa yang tidka memiliki kuota dan HP yang mendukung, serta penggunaan google form oleh peserta didik masih terkesan main-main. Simpulan, Penggunaan aplikasi google form untuk pelaksanaan penilaian harian maupun semester di masa datang dapat terus digunakan oleh guru di semua mata pelajaran, karena hemat waktu, biaya dan mudah serta memberi kemudahan guru untuk membuat soal online, menyimpan soal online, dan memperoleh data nilai siswa secara praktis dan cepat.

References

Arningsih, Wayan. Pentingnya Guru dalam Menguasai Informasi Teknologi di Zaman Digital Bali, 2019, https://www.kompasiana.com/wayanarningsih3nt3r/5c723dfabde57550cb4ff1f6/di-zaman-era-digital-guru-harus-menguasi-informasi-teknologi-dalam-proses-pembelajaran-di-kelas?page=all, diakses pada 28 Januari 2020

Cecilia, K. R., Elizabeth, R., & Rebecca, C. (2017). Collaborating for metadata creation on digital projects: using Google Forms and Sheets. Library Hi Tech News, 34(8), 20–23.

Hamdanah. 2017. Bunga Rampai Ilmu Pendidikan Islam. Banjarmasin: Pustaka Banua.

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 164.

Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. URECOL, 183–188.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.

Suharto. 2018. Serba-serbi dunia pendidikan Indonesia. Bogor : Armadana Pustaka.

Wulan, E. R. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia.

Wulandari, P., Maswani, & Khotimah, H. (2019). Google Form Sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran di SMAN 2 Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 421–425.

Yusron, R. M., Wijayanti, R., & Novitasari, A. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Google Formbagi Guru SD Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 182-188.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Articles