Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Widra Nita SMPN 01 Lebong

Keywords:

Karakter, Budaya Sekolah, Pendidikan Karakter.

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini menekankan pengetahuan dan tidak menekankan nilai karakter perlu nya ada pembiasaan serta keteladanan dalam membentuk karakter siswa. Suasana sekolah yang diciptakan akan berdampak terhadap karakter siswa. Oleh karena itu dengan adanya pembiasaan dari Budaya Sekolah diharapkan mampu meningkatkan karakter siswa. Budaya sekolah tercipta sehingga mampu menimbulkan kebiasan-kebiasaan baru dalam lingkungan sekolah. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian pendidikan karakter melalui budaya sekolah dilaksanakan dengan menerapkan 5 nilai karakter yaitu Religius, Integritas, Mandiri, Gotong royong dan Nasionalisme. Dari sebelum ppembelajaran dimulai, ketika pembelajaran berlangsung dan ketika diluar jam pelajaran. Dalam pengimplementasian nilai karakter melalui budaya sekolah ini memiliki beberapa hambatan yaitu berasal dari guru itu sendiri, dari sekolah dan dari siswa. Oleh karena itu, sekolah terus meningkatkan kualitas guru dan kualitas sekolahnya melalui berbagai jenis pelatihan khusus agar pengimplementasian karakter disekolah ini berjalan sesuai dengan tujuan.

References

Cahyaningrum, E. S. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak.

Kuntoro, S. A. (2015). Penelitian Etnografi Tentang Budaya Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar An Etnographic Research About The School Culture In The Character Education Within An Elementary School. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi,.

Samani, M., & Hariyanto, m. (2011). konsep dan modal pendidikan karakter.

Syafira, W. N. (2018). Analisis Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Di Sd Negeri 18 Pekanbaru.

Virgustina, N. (2009). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. KELUARGA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Articles