Pengaruh Pengembangan Media Flip Builder Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 15 Bengkulu Tengah

Authors

  • Wita Angraini SMPN 15 Bengkulu Tengah

Keywords:

Flip Builder, Media Pembelajaran, Persepsi Peserta Didik, PAI

Abstract

Tuntutan guru untuk mampu menguasai perangkat teknologi penunjang pembelajaran merupakan peralihan pembelajaran abad ke-21 dimana berbagai media dapat digunakan salah satunya flip builder. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meneliti persepsi siswa terhadap penggunaan pengembangan media belajar flip builder terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Sholat fardu. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, sebanyak 20 orang siswa kelas 7 SMP Negeri 15 Bengkulu Tengah. Instrumen penelitian berupa angket dengan 14 butir pertanyaan untuk 2 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% peserta didik memberikan respon positif pada indikator kemenarikan pada flip builder yang membuat peserta didik semangat serta penasaran untuk menggunakannya. Pada indikator kedua, kelayakan, mutu dan kualitas penggunaan flip builder juga menunjukkan 85% peserta didik memberi respon yang baik. Sehingga dalam penggunaan media tersebut dapat membuat siswa menyukai, tertarik, bersemangat dan lebih aktif saat pembelajaran.

References

Andri., Syafrudin, D. (2015). Pengaruh Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 1(1), 19-26

Fataturrohmah, A., Masykur, R., & Suherman, S. (2017). Pengaruh Model Cinta Berbantu Media Tangram Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1, 21–27.

Hardiansyah, D. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook dalam Pembelajaran Perakitan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Surabaya. IT-EDU, 1(02).

Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).

Jalinus, N., Nabawi, R. A., & Mardin, A. (2017). The Seven Steps of Project Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students. International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT 2017). Atlantis Press

Negara, H. S. (2015). Penggunaan Komik sebagai Media Pembelajaran terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). Jurnal Terampil, 3(3), 66–76.

Nurfaida. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flip Book Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 82 Dante Koa Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Rodiawati, H., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan ELearning Melalui Modul Interaktif Berbasis Learning Content Development System. Jurnal Tatsqif, 16(2), 172–185.

Sagala, R., Umam, R., Thahir, A., Saregar, A., & Wardani, I. (2019). The Effectiveness of STEM-Based on Gender Differences: The Impact of Physics Concept Understanding. European Journal of Educational Research, 8(3), 753–761.

Wahyuliani, Y., Supriadi., Anwar, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 4 Bandung. TARBAWY, 3(1), 22-36

Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran InteraktifBerbasis Teknologi Informasi. FORISTEK: Forum Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 2.

Yulianto, A., Sufiati, N., Rokhima, N. (2022). Penggunaan Media Flip Chart terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 41-46.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Articles