Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali

Authors

  • Muhammad Amin Tarom MI Miftahul Huda, Tulang Bawang Barat, Lampung

Keywords:

al-Ghazali, akhlak, Pendidikan

Abstract

Kondisi pendidikan saat ini menunjukkan kurangnya perhatian terhadap akhlak, guru hanya mentransfer pengetahuan dan siswa hanya menerimanya, tidak ada perhatian tentang akhlak, akhlak terhadap guru dan sesama murid. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep Pendidikan Akhlak Menurut Imam al-Ghazali. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif analitik. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa Akhlak menurut Al-Ghazali adalah sesuatu yang menetap dalam hidup dan muncul dalam tindakan dengan mudah tanpa perlu dipikirkan terlebih dahulu. Akhlak bukanlah perbuatan, kekuatan, dan pengetahuan. Akhlak adalah “Haal” atau kondisi jiwa dan bentuk batin

References

Thoha, Chabib, Substansi Pendidikan Islam (Kajian Teoritis dan Antisipatip Abad XXI), (Banjarmasin: IAIN Antasari Banjarmasin, 1997).

Al-Ghazali. 2000. Ihya Ulumuddin, Qairo, Mesir: Daar al-Taqwa.

Arifin, H.M. 1991. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Naquib, Al-Alatas. 1990. Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan.

Arikunto, Suharsini. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Darojat, Zakiyah. 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama.

Ensiklopedi Islam. 1993. Jakarta: Ictiar Baru Van Hove.

Langgulung. Hasan. 1988. Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21. Jakarta: Pustaka Husna.

Muhaimin. 2003. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles