Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Thaharah (Bersuci Dari Hadas Kecil Dan Hadas Besar) Melalui Metode Demonstrasi Pada Peserta Didik Kelas VII

Authors

  • Tati Arside SMPN 65 Bengkulu Utara

Keywords:

Hasil Belajar, PAI, Metode Demonstrasi

Abstract

Islam secara komprehensif menyatakan bahwa bersuci melahirkan banyak sifat, sikap, nilai serta pesan yang akan berdampak kepada perilaku seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI materi Thaharah (bersuci dari hadas kecil dan hadas besar) melalui metode demonstrasi peserta didik kelas VII SMPN 65 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Tiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik untuk mata pelajaran PAI materi bersuci dari hadas kecil kelas VII. Hal ini dapat dilihat dari kondisi siklus I yaitu nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang awalnya 4 atau 40 % peserta didik yang tuntas, pada siklus II meningkat menjadi 6 atau 60 % dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 10 atau 100% peserta didik yang tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi bersuci dari hadas kecil pada peserta didik kelas VII SMPN 65 Bengkulu Utara. Selain itu thaharah berimplikasi pada beragam dimensi, seperti pada dimensi muamalat, akhlak, akidah dan lain sebagainya. Oleh karenanya, apabila thaharah atau bersuci selalu diamalkan sebagaimana sunnahnya, maka akan mampu menghadirkan kesucian lahir dan batin.

References

Achmadi. (2010). Ideologi Pendididkan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al-Mahfani, & Khalilurrahman, M. (2008). Berkah Shalat Dhuha. Jakarta Selatan: PT. Wahyu Media.

Asma. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada SIswa Kelas X di SMK Negeri 2 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonforma, 7(3). 1135-1142.

Devi, S. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang (Kubus Dan Balok) Kelas IV MIN Medan Tembung Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v9i2.831

Majid, A., & Andayani, D. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis. Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Nurohman, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Demontrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Way Kenanga Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. IAIN Metro.

Roestiyah. (2012). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sams, H. R. ( 2010). Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.

Semiadi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Membaca Surat Al-Falaq melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SD. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 9(2). 66-74.

Slameto. ( 1987). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Putra.

Syafe’I, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII DI SMPT AL-Muridiyyah Pasawahan Purwakarta. Skripsi. Universitas Nahdatul Ulama Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Articles