Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Di SDN 060 Bengkulu Utara

Authors

  • Nurul Pangesty SDN 060 Bengkulu Utara

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah diperoleh hasil bahwa siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran, karena saat proses pembelajaran banyak siswa yang kurang memperhatikan materi pelajaran dengan baik, dan kurangnya minat dalam mengikuti pembelajarann hingga selesai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas Kelas 4 di SDN 060 Bengkulu Utara, dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1). Minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 060 Bengkulu Utara masih rendah, hal ini dilihat dari sikap dan respon mereka saat mengikuti pembelajaran PAI, yaitu sebelum diterapkannya metode Snowball Throwing dengan rata-rata persentase yang didapatkan sebesar 33.125%; 2) Penerapan metode Snowball Throwing dalam pembelajaran PAI berjalan dengan baik dan metode yang diterapkan juga efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dengan adanya penerapan metode ini, dapat menjadikan siswa lebih bersemangat, aktif, dan antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Hal ini merupakan indikator dari berminatnya siswa mengikuti pembelajaran PAI; 3) Dari hasil penelitian, penerapan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat berdasarkan meningkatnya persentase hasil observasi minat belajar siswa dengan menggunakan metode Snowball Throwing pada saat kondisi awal 33.125% dengan interpretasi Kurang Baik dan kondisi akhir 64.72% dengan interpretasi Baik.

References

Bahri Djamarah, Syaiful. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2011.

Budiyati, Yeti. Minat Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan). 2011. SKRIPSI.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2004.

http://ardhaphys.blogspot.co.id/2013/05/model-pembelajaran-snowball-throwing.html diakses pada tanggal 8 November 2015 pukul 6:16 WIB.

http://www.belajarbagus.com/2015/04/minat-belajar.html# diakses pada tanggal 8 November 2015 pukul 6:16 WIB.

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CCEQFjAAahUKEwik7o_qlonJAhWMF5QKHWYDAms&url=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F7781%2F3%2Fbab%25202%2520-%252008108249137.pdf&usg=AFQjCNErwz6hTsfLxjN3v6m_rKk_L1l7Dg&sig2=uu6cLn84e4tPFtQkB48Dow diakses pada tanggal 8 November 2015 pukul 6:16 WIB, PDF.

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0CCMQFjABahUKEwiUtsKLiYXJAhXJkI4KHWpIDBg&url=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F9400%2F1%2FJurnal.pdf&usg=AFQjCNEeaAmpSseD8VKOf9XSTHNZxudFAQ&sig2=3_y0ET2OqTFwfHYB521JKw&bvm=bv.106923889,d.c2E diakses pada tanggal 8 November 2015 pukul 6:16 WIB. PDF Skripsi.

https://wyw1d.wordpress.com/2009/11/09/model-pembelajaran-18-snowball-throwing/ diakses pada tanggal 8 November 2015 pukul 6:16 W

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks. 2010.

Rahman Saleh, Abdul dan Muhhib Abdul Wahab. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana. 2004.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta. 2012

Syah, Muhibin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.

Downloads

Published

2022-12-19

Issue

Section

Articles