Bleanded Learning Berbasis Zonasi (Blender Besi) Sebagai Solusi Penanganan Pandemi

Authors

  • Warto SMPIT Al-Kautsar Mukomuko

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran Daring, COVID-19

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan dalam dunia pendidikan yaitu adanya transformasi pembelajaran yang semula dilakukan secara konvensional beralih menjadi daring. Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Untuk mengidentifikasi bagaimana sistem pembelajaran masa pandemi COVID-19, 2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring masa pandemi COVID-19 di SMPIT Al – Kautsar Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dilakukan sebagai upaya belajar di rumah (BDR) guna memutus penyebaran COVID-19 membutuhkan kreativitas guru dan pendampingan orang tua, implementasi pembelajaran daring di SMPIT Al – Kautsar direalisasikan dalam bentuk sistem digital seperti blueprint, program unggulan dan feedback laporan dari orang tua, pembelajaran daring di SMPIT Al-Kautsar memiliki kelebihan dalam hal pelaksanaan sistem digital, program unggulan, serta feedback laporan orang tua dan memiliki kekurangan dalam hal keterbatasan akses internet dan kejenuhan siswa dalam belajar.

References

Surat Edaran Menteri Pendidikan No 36962/NPK.A/HK/2020 tentang Pembelalajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid 19

Tim e-Government Provinsi Bengkulu, 2020: Covid 19 Provinsi Bengkulu. https://Covid19.bengkuluprov.go.id/databengkulu (diakses tanggal 25 Agustus 2020 pukul 14.00)

Worlmeter, 2020: Covid-19 Coronavirus Pandemic. https://www.worldometers. info/coronavirus/. (diakses tanggal 27 Agustus 2019 pukul 13.00)

Downloads

Published

2022-12-19

Issue

Section

Articles