Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Nabi Yusuf AS

Authors

  • Fifin Purnamasari SMP N 1 Kepahiang

Keywords:

Nilai Pendidikan Islam, Kisah Nabi Yusuf As

Abstract

Kisah Nabi Yusuf As banyak memiliki makna yang terkandung yaitu tentang nilai-nilai pendidikan oleh karena itu penulis tertarik untuk membahas dan menelaah lebih jauh terkait dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kisah Nabi Yusuf As tersebut. Jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu suatu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur dari penelitian sebelumnya, dengan cara mengkaji dan menelaah berbagai buku yang berkaitan dengan analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah Nabi Yusuf As. Data yang telah terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis atau sering dinamakan dengan kajian isi, yaitu suatu metode yang menggunakan teknis sistematik untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan. Hasil dari penelitian ini adalah dari kisah Nabi Yusuf As, sebagai peringatan kepada setiap orang, dan bisa mengatahui tentang Nilai-nilai pendidikan yang bisa di ambil dari Kisah Nabi Yusuf ini, lebih-lebih pemuda, bahwa kita hidup tidak selalu lurus saja melainkan banyak lika-liku yang akan kita lewati. Maka dari itu kita bisa menghadapinya dengan tabah dan sabar selalu bertawakal kepada Allah Swt dan selalu mengingat Allah SWT, niscaya akan diberikan kemudahan yang baik yang diberikannya. Dari itu kita bisa mencontoh dari kepribadian dari Nabi Yusuf As. Beberapa Nilai-nilai pendidikan Islam dari kisah Nabi Yusuf As adalah nilai kesabaran, nilai keimanan. bersyukur, bertawakal, nilai kepercayaan, pemaaf bagi saudara-saudaranya.

References

TM. Hasbi Ash-Shiddieqy, al-Islam, Jilid I, (Semarang: PT Pustaka Rizki Putra, 2001)

A.M. Ismatullah. “Nilai-Nilai Pendidikan dalam Kisah Yusuf: Penafsiran HM Quraish Shihab atas Surah Yusuf.” Dinamika Ilmu : Jurnal PendidikanVol.12 No.1, 2012. h. 5-6.

Anwar Mujahidin. “Epistimologi Islam: Kedudukan Wahyu Sebagai Sumber Ilmu.” UlumunaVol. 17 No.1, Juni 2013.

I. Nugroho. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kisah-Kisah yang Terkandung Ayat Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 No. 1, Mei 2017.

Ifsya Hamasah. Kisah 25 Nabi dan Rasul. (Cikal Askara, 2011).

Imam Muslim, Shahîh Muslim, Kitab Imam, bab “Penjelasan tentang Iman, Islam dan Ihsan”, hadits no. 10.

Ira Puspita, Jati. “Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an Dalam Perspektif Pendidikan.” Dalam Jurnal Didaktika Islamika Vol.8 No. 2, Agustus 2016.

Ismail bin Katsir, Tafsir Ibnu Katsir, jilid 2, 39.

Iwan Hermawan. “Konsep Amanah dalam Presektif Pendidikan Islam.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Agama

M. Asy’ari. ” Islam dan Seni. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, Vol. 4 No. 2, Juni 2007. h. 169-174.

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, Vol 2. 207-208.

Malik Madany. “ Syukur Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Az Zarqa: Jurnal Hukum Bisnis Islam, Vol. 7 No. 1, 2015

Moh Khasan. “perspektif Islam dan Psikologi tentang Pemaafan.” Jurnal At-Taqaddum. Vol. 9 No.1, 2017. h. 76.

Muhammad Utsman Najati, Psikologi dalam al-Qur'an, Terapi Qur'ani dalam Penyembuhan Gangguan Kejiwaan, Terj. Zaka al-Farisi, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2005)

Naila Farah. “Konsep Iman, Islam, dan Taqwa.” Jurnal Ilmu Ushuluddin dan Filsafat. Vol. 8. No 2, 2018

Nawal El Zuhby.“Tafakur Pandemi Covid-19 Persektif Pendidikan Islam. “Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam Vol. 14 No.1, Januari 2021.

Sopyan Hadi. Konsep Dasar Dalam Al-Qur’an. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Humaniora, Vol. 1 No. 2, September 2018.

Sulistiyowati Khairu. Hikayat Sang Rupawan Sejarah Lengkap Nabi Yusuf As. (Jakarta: Hak Cipta, 2014)

TM. Hasbi Ash-Shiddieqy, Tafsir An-Nur, Vol. II, (Semarang: Pustaka Rizki Putra, 1995)

Downloads

Published

2022-12-19

Issue

Section

Articles