Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Card Sort Tahun Pelajaran 2022/2023 (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Kelas VIII A SMPN 14 Kaur)

Authors

  • Neny Herdesty SMP Negeri 14 Kaur

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam, Kartu Sortir

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Kaur yang belum mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi beriman kepada kitab-kitab Allah, dimana salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum tepat. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi beriman kepada kitab-kitab Allah di kelas VIII A SMP Negeri 14 Kaur menggunakan metode sortir kartu. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan metode sortir kartu sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi beriman kepada kitab-kitab Allah di kelas VIII A SMP Negeri 14 Kaur. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus untuk mengukur nilai dan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode sortir kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII A SMP Negeri 14 Kaur tahun pelajaran 2022/2023.

References

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1997.

Amin, Ahmad. 1993. Etika, Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

Anton M. Moeliono, dkk., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Arie Asnaldi, Teori-Teori Belajar Proses Perubahan Tingkah Laku & Belajar, asnaldy.multiplay.com.journal item-5.

As-Suyuti, Imam Jalaluddin Abdur Rahman bin Abi Bakar, Al-Jami’ Shoghir, Darul Ihyail Kutubil Arabiyah, Indonesia, t.th.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar Ruz Media, 2008.

Bimo Walgito, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Bandung: Tarsito, 2004.

Depag RI, Direktorat Kelembagaan Agama Islam, Pembelajaran Akidah Akhlak, Jakarta: Dirjen Depag RI, 2003.

_________, Petunjuk Pelaksanaan Kurikulum/GBPP Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Umum, Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1993.

Hamzah Ya’kub, Etika Islam, Bandung: CV. Diponegoro, 1983.

Hartono, Strategi Pembelajaran Active Learning: (Suatu Strategi Pembelajaran Berbasis Student Centred), //http.edu-articles.com.

Hisyam Zaini, et. all., Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Ibn Rusd, Abidin. Pemikiran Al-Ghozali Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibnu Hajar Al-Asqolani, Bulughul Maram, Bairut: Dar Al Fikr, 1995.

Ibrahim, R, Curriculum Development: Programme of The Development School Pilot Project, Jakarta: BP3K, 1976.

Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail, 2008.

John M. Echols dan Hasan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2008.

Joyce Bruce & Weil Marsha, Models of Teaching, New Jersey: Prentice-Hall. Inc., 1988.

M. Thonthowi, Psikologi Pendidikan, Bandung: Angkasa, 1993.

Muhaimin, et.all., Pengembangan Model Kurikulum Tingka Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Rajawali Pres, 2008.

Muhibbin Syah, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.

Nana Sudjana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1996.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.

Nur Uhbiyati dan Abu Ahmadi, Ilmu Pendidikan Islam I, Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Sardiman AM., Interaksi Belajar dan Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Sayid Sabiq, Akidah Islam, Surabaya: PT. Al-Ikhlas, 1996.

Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Sunyono, Modul Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Dit. PPTK & KPT Ditjen Dikti, 2005.

Suparta, H.M. dan Herry Noer Aly, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Amissco, 2008.

Suyadi, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Diva Press, 2010.

Syaikh Musthofa Al-Ghulayani, Idhatun Nasyi’in, Cairo: Maktabah Misriyah, t.th.

Techonly13's Blog.htm. Pengertian Hasil Belajar

Thorndike, E.L., & H.P. Hagen, Measurement and Evaluation in Psychology and Education, New York: John Wiley, 1977.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman Said, Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Proyek Pembinaan P.T. Agama, Depag, 1993.

Yayasan Penyelenggara Penterjemah Pentafsir Al-Qur'an, Depag RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya, Semarang: CV. Thoha Putra 1989.

Zuhairini, dkk., Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983.

Downloads

Published

2022-12-19

Issue

Section

Articles