Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Menggunakan Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti

Authors

  • Lusiartati SMP Negeri 15 Seluma

Keywords:

Video pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan mutu pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan video pembelajaran pada mata pelajaran pendidiikan agama Islam dan budi pekerti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 15 Seluma pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah peserta didik 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua poin terhadap 30 orang peserta didik. Poin I dilakukan 2 kali pertemuan tatap muka dan 1 kali tes, Poin II dilakukan 2 kali pertemuan tatap muka dan 1 kali tes, Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas peserta didik, observasi kemampuan guru melaksanakan tindakan, dan analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Tingkat partisipasi siswa dinyatakan dengan kategori tinggi, sedang, atau rendah. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan melalui video pembelajaran dapat berpengaruh positif terhadap Motivasi dan partisipasi belajar peserta didik SMPN 15 Seluma, serta pembelajaran jarak jauh dengan melalui video pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti dimasa Pandemi Covid-19.

References

Unung Solihat, unungsolihat72@gmail.com internet

Putranti, Nurita, 2007, Tutor Sebaya, Jakarta: Internet

Sunita Nita, Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh :esearchgate.net/publication/341251534_Media_Pembelajaran_Modul_Elekronik_E-Modul_Sebagai_Sarana_Pembelajaran_Jarak_Jauh

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19

Downloads

Published

2022-12-19

Issue

Section

Articles