Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Mukomuko

Authors

  • Novika Sari SMP Negeri 15 Mukomuko

Keywords:

Kesulitan Belajar, Guru, Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Belajar.

Abstract

Di SMP Negeri 15 Mukomuko masih ada siswa yang mengalami masalah dalam proses pembelajaran seperti pada saat proses belajar berlangsung yaitu pada mata pelajaran Pendidikan Agam Islam Dan Budi Pekerti ada beberapa siswa yang di suruh membaca Al-Qur’an tetapi belum mau karena siswa tersebut belum bisa, susah menghapal bacaan sholat, sehingga pada saat praktek belum bisa berjalan dengan baik, masih ada siswa yang belum mampu melaksanakan tugas. Dalam kegiatan belajar masih tertinggal disebapkan karena kesulitan siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam sehingga dalam pencapaian hasil belajar tidak sesuai dengan yang di harapkan karena hasil yang di capai di bawah rata- rata.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan wawancara terhadap siswa kelas VII , Guru Pendidikan agama islam dan kepala Sekolah di Smp Negeri 15 Mukomuko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMPN 15 Mukomuko. Dari penelitian yang di lakukan oleh peneliti terhadap Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP N 15 Mukomuko adalah belajar membaca ayat Al-Qur’an dengan menggunakan metode iqra dan Juz Amma, membaca huruf Hija’yah bersama, memberikan hafalan ayat Alqur’an di rumah, melakukan diskusi bersama untuk mencapai solusi yang terbaik. Melakukan praktek sholat atau mendemonstrasikan secara individu,menggunakan media yang berhubungan dengan cara sholat yaitu berupa media gambar, memberikan hafalan tetapi tidak sekaligus, tidak terlalu cepat dalam menjelaskan, dan tidak mengunakan bahasa yang monoton.

References

Abdurrahman Mulyono, Pendidikan Bagi Anak BerkesulitanBelajar, Jakarta: Cipta,1999

AbinSyamsudin Makmur, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta,1996

Ahmadi Abu, Psikologi Sosial, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Zakiah Daradjat, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: BumiAksara. 2001, hlm. 266.

Ahmad Abu dan Joko Tri Prasetyo, Strategi Belajar Mengajaruntuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK, Bandung: Pustaka Setia, 2005

HamalikOemar, Proses BelajarMengajar, Bandung: Bumi Aksara, 2009

HamalikOemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2001

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Syaiful Bahri Djmarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka cipta, 2002

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Srategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Sutikno Sobry, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Prospect, 2009

Sanjaya Wina, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kencana, 2006

Syah Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003

UU Guru dan Dosen, Nomor 14, Tahun 2005, Bab IV Pasal I Ayat I, Asa Mandiri.

Downloads

Published

2022-12-19

Issue

Section

Articles