Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa SD Negeri 149 Bengkulu Utara

Authors

  • Ade Kartika Sari SDN 149 Bengkulu Utara

Keywords:

Peran Guru, Pembentukan Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam
pembentukan karakter siswa, cara penanaman pendidikan karakter oleh guru Pendidikan Agama Islam
terhadap siswa. Subjek penelitian antara lain guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Penelitian ini
menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi yaitu membandingkan dengan
semua data berbeda yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama
Islam benar-benar menjadi fasilitator yang mendidik, membimbing, dan menjadi tauladan untuk siswa,
tetapi ada beberapa guru yang belum menerapkan hal tersebut, sehingga peran guru tersebut masih belum
maksimal. Dalam proses penanaman pembentukan karakter ditemukan 18 nilai karakter secara umum yang
ditanamkan dan cukup berjalan dengan optimal yang dapat kita contohkan.

References

AA Suryana, Pupuh Fathurrahman dan Fenny Fatriyani, 2013, Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: PT Refika Aditama.

Ahmadi Abu, 2009, Psikologi Umum, Jakarta: PT Rineka Cipta. Wahyu

Alim Muhammad, 2006, Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bahri Djmarah Syaiful, 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Basuki, Miftahul Ulum, 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Ponorogo: Stain Po Press.

Budimansyah Dasim, 2010, Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Press.

Djaali, 2008, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gede Raka dkk, 2011, Pendidikan Karakter Di Sekolah, Jakarta: PT Elex Media

Heri Gunawan, 2014, Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya, Bandung: Alfabeta

Idris dan Marno, 2009, Strategi Dan Metode Pengajaran, Yogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Ilyas Yuhanar, 2006, Kuliah Akhlak, Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengalaman Islam (LPPI). Komputindo.

Purwanto Ngalim, 2009, Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramdani, 2007, Ilmu Sosial Dasar, Bandung: Pustaka Setia.

Rembangy Musthofah, 2010, Pendidikan Tranformatif, Yogyakarta: Teras

Rine Evi Hartuti, 2010, UU RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sisdiknas, Yogyakarta: Bening.

Rohman Muhammad, 2012, Kurikulum Berkarakter, Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Rusman, 2014. Model- Model Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sohari Sahrani dan TB, Aat Syafaat, Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata Nana Syaodih, 2009, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, 2006, Jakarta.

Uno Hamzah B, 2008, Profesi kependidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara. Suparlan, 2008, Menjadi Guru Yang Efektif, Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Uzer. Moh. Usman, 2007, Menjadi Guru Yang Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.

Yamin, Martinis, 2008, Profesionalisasi Guru Dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.

Zubaedi, 2012. Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-12-23

Issue

Section

Articles