Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Melalui Metode Pemberian Tugas Belajar Dan Resitasi Pada Siswa SDN 2 Sukaraja Tiga Kec Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Nursidah SDN 2 Sukaraja Tiga Marga Tiga Lampung Timur

Keywords:

Metode Pemberian Tugas Belajar, Resitasi

Abstract

Peningkatan pembelajaran agama islam melalui Metode Pemberian Tugas Belajar dan Resitasi pada siswa kelas V (studi kasus di SD Negeri 2 Sukaraja Tiga ). adapun tujuan penelitian 1) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya Metode Pemberian Tugas Belajar dan Resitasi di SD Negeri 2 Sukaraja Tiga 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan Metode Pemberian Tugas Belajar dan Resitasi di SD Negeri 2 Sukaraja Tiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD NEGERI 2 Sukaraja Tiga sudah cukup baik yaitu dengan persentase 56% -75%. 2) Terjadi Peningkatan Motivasi belajar siswa di SD NEGERI 2 Sukaraja Tiga dengan persentase 56%-75% yang dikatagorikan Cukup baik. 3) Faktor faktor yang mempengaruhi Penerapan Metode Resitasi adalah : Peserta didik, Guru, Fasilitas, Bahan pelajaran, Situasi, Lingkungan sekitar dan Keadaan kelas.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Berg, Euwe Vd. (1991).

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press. Mukhlis.

Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Soedjadi, dkk. 2000. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surakarta.

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles