Penerapan Metode Example Non Example Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Desi Okvianti SDN 03 Selagan Raya, Mukomuko

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Example Non Example, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan dan semangat peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode Example Non Example. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 03 Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Metode Example Non example pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Arikunto, S. (1997). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi dan Suwandi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas, Bogor: Ghalia Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah dan Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

IKIP Semarang. (1991). Dasar-dasar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem. Semarang: Ra. SAIL Media Group.

Jasa Ungguh Muliawan. (2016). Model Pembelajaran Spektakuler. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Jumali, dkk, (2004). Landasan Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Jumanta Hamadayama. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Kasiram. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif-kuantitatif. Yogyakarta: UIN Maliki Press.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, I. (2007). Hadits Arba’in An-Nawawiyah dan Terjemahnya. Surakarta: Media Insani Press.

Roestiyah. (1982). Didaktik Metodik. Jakara: Bumi Aksara

Roestiyah. (1986). Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Per

W.S Winkel. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo

Wahyudi Siswanto. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Refika Aditama

Downloads

Published

2022-12-23

Issue

Section

Articles