Peningkatan Kemampuan Menghafal Surat Pendek Al-Qur’an Melalui Kegiatan Pembiasaan Pada Siswa Kelas IV SDN 146 Seluma
Keywords:
Kemampuan menghafal, Kegiatan pembiasaan, Surat pendek Al- Qur’an.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan kegiatan pembiasaan dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek Al-Qur’an siswa kelas IV SDN 146 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, mendiskripsikan data, membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata presentase kemampuan menghafal surat pendek Al-Qur’an siswa kelas IV SDN 146 Seeluma pada pra siklus sebesar 26,32% dengan aspek ketepatan makhraj 47,37% dan ketepatan tajwid 21,05%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata presentase kemampuan menghafal siswa meningkat menjadi 55,26% dengan aspek ketepatan makhraj 65,79% dan ketepatan tajwid 34,21%. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II rata-rata presentase kemampuan menghafal siswa meningkat lagi menjadi 81,57% dengan aspek ketepatan makhraj 89,47% dan ketepatan tajwid 71,05%. Dengan demikian penerapan kegiatan pembiasaan dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek Al-Qur’an pada siswa kelas IV SDN 146 Seluma.
References
Fajarini, Andiya, Anwar Sutoyo dan Dwi Yuwono Puji Sugiharto. 2017. “Model Menghafal Pada Penghafal Al-Qur’an Implikasinya Pada Layanan Penguasaan Konten Dalam Bimbingan Dan Konseling”. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 1, No. 6. Diakses pada 21 Maret 2018.
Malikah, Nurul. Dkk. 2016.Bifilar Cooperative Learning Model For Hadis Memorizing Skill In Alquran-Hadis In Madrasah Ibtidaiyah Ponorogo Regency Indonesia. Journal Of Education and Research. Vol. 4, No. 11. Diakses 25 Maret 2018.
Musyafiah, Umayatun Naim. 2014. “Penerapan Metode Murattal Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat Pendek Pada Anak RA Muslimat NU Ngluwar 2 Kelompok B Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeti Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Solihu, Abdul Kabir Husain. 2016. Routes To Remembering Lesson From Al Huffaz. Journal Of Social Sciences. Vol. 7, No.3. Diakses 24 Maret 2018.
Sugiyarti. 2011. Upaya Meningkatkan Hafalan Surat-Surat Pendek Dalam Pembelajaran Pengembangan Agama Islam Melalui Metode Drill Studi Tindakan Pada Siswa Kelompok B RA Maslakul Falah Arumanis Jaken Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Sarjana Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.
Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Yulia, Yeni. 2010. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Strategi Card Sort Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 038 Airtiris”. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Enifitria Nengsi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.