Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Program Bina Pribadi Islami di SDIT Harapan Bangsa Natar

Authors

  • Enti Fauziah SDIT Harapan Bangsa Natar Lampung Selatan

Keywords:

Pembentukan, Karakter Islami, Bina Pribadi Islami

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum untuk menganalisis dan mengetahui pembentukan karakter islami melalui program BPI (bina pribadi islami) di SDIT Harapan Bangsa Natar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tujuan Pembentukan Karakter Islami Melalui Program BPI (Bina Pribadi Islami) di SDIT Harapan Bangsa Natar, yaitu untuk membentuk pribadi dan karakter yang sholeh, tangguh dan berkarakter islami agar nantinya peserta didik siap terjun ke masyarakat sebagai generasi unggul yang cerdas, mandiri dan religius/spiritual. Sedangkan programnya terdiri dari 2, yaitu program utama yang meliputi; pertemuan pekanan, penugasan, malam bina iman dan taqwa, pembelajaran tahsinul dan tahfidzul Qur’an dan program penunjang yang meliputi; sholat berjamaah, shaum sunnah, nawafil dan perkemahan. 2) Implementasi program BPI (Bina Pribadi Islami) di SDIT Harapan Bangsa melalui pendekatan pembinaan dengan nasihat yang masuk kedalam program dan masuk dalam waktu pembelajaran, pembinaan dengan keteladanan dan pembinaan dengan pembiasaan. 3) Hasil pembentukan karakter Islami di sekolah ini berdampak positif dengan siswa yang bertutur kata dengan bahasa yang sopan, terbiasa mengucapkan kalimat thoyyibah, melakukan ibadah rutin dengan benar, belajar amar ma’ruf nahi mungkar, berkepribadian matang dan berakhlak mulia, menghafal al-Qur`an, doa-doa dan hadist Nabi yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

References

Afifudin, Ahmad Saebani. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Laksana.

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

John M. Echols dan Hassan Shadily. 2015. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

JSIT Indonesia. 2018. Petunjuk Pelaksanaan Bina Pribadi Islami. Depok: Koperasi Berkah Usaha Terpadu.

Koesuma, Doni. 2009. Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.

Kusrahmadi, Sigit Dwi. 2007. “Pentingnya Pendidikan Moral bagi Anak Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Dinamika Pendidikan. Nomor 1 Tahun XIV.

Marzuki. 2017. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Nawawi, Hadari. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta: Raja Grafindo.

Purwadarminta. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rini, Dwi Susanti. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Djudjun Djaenuddin. 2008. “Program Pendidikan Karakter di Lingkungan BPK Penabur Jakarta”. Dalam Jurnal Pendidikan Penabur. Nomor 10.

Tobroni. 2010. “Pendidikan Karakter Bangsa”. makalah. dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra; Internalisasi Nilai-nilai Karakter Melalui Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, Novan Ardy. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles