Strategi Pembelajaran Guru PAI Dalam Bentuk Karakter Siswa Dengan Nilai-Nilai Kejujuran

Authors

  • Eva Susanti SDN 25 Lebong

Keywords:

Strategi, Guru PAI, Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengananlisis serta mengkaji strategi apa saja yang digunakan oleh guru PAI dalam membentuk karakter siswa melalui nilai-nilai kejujuran. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan studi lapangan di SD Negeri 25 lebong. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan pada tahapan pegumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan keismpulan terhadap hasil penelitian. Dari penelitian ini kemudian didapatlah hasil beberapa strategi yang dilakukan guru PAI yang bisa diterapkan di sekolah diantaranya 1). Guru menggali pembejalaran dengan memberikan sedikit nasehat kepada para siswa, 2). Guru akan memberikan pembiasaan sikap dan prilaku jujur di sekolah, 3). Guru bersikap kooperatif pada para siswa untuk berintersai secara jujur. Bagian dari proses pembentukan karakter yang jujur tentunya dilihat dari bagaimana sikap dan kesantunan serta interaksi komunikasi kejujuran dalam penyampaian suatu pesan.

References

Ahsanulkhaq, Moh. 2019. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2(1). doi: 10.24176/jpp.v2i1.4312.

Badry, Intan Mayang Sahni, and Rini Rahman. 2021. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius.” An-Nuha 1(4):573–83. doi: 10.24036/annuha.v1i4.135.

Guru, Peran, Dalam Meningkatkan, and Karakter Religius. 2020. “Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.” 10:59–70.

Jai, Ani Jailani, Chaerul Rochman, and Nina Nurmila. 2020. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(2):257–64. doi: 10.24042/atjpi.v10i2.4781.

Lathifatus, Siti. 2019. “Dosen Fakultas Agama Islam Unisda Lamongan 1.” Sinergi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Saat Pandemi Covid 2(November):1–16.

Munif, Muhammad. 2017. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pai Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(2):1–12. doi: 10.33650/edureligia.v1i2.49.

Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, and Imam Taulabi. 2020. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan.” EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 2(1):55–66. doi: 10.33367/jiee.v2i1.995.

Pakpahan, Poetri Leharia, Umi Habibah, Universitas Islam, Negeri Sunan, Kalijaga Indonesia, Islamic Religious, Pendidikan Agama, and Karakter Religius. 2021. “MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM.” 2(1):1–20.

Salamah, Salamah. 2020. “Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0.” SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 2(1):26–36. doi: 10.37680/scaffolding.v2i1.281.

Downloads

Published

2022-12-23

Issue

Section

Articles