Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 14 Kepahiang

Authors

  • Harlini SD Negeri 14 Kepahiang

Keywords:

Aplikasi Quizizz, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar manfaat aplikasi quizizz sebagai media dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Setelah diaplikasikan maka akan terlihat bermanfaat atau tidaknya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitiatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Alasan digunakannya metode penelitian ini adalah karena peneliti ingin mengetahui dan memberikan gambaran secara detail, jelas, dan konkrit pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi pada siswa kelas V SD Negeri 14 Kepahiang, strategi pembelajaran ceramah sebagai media penyampaian materi secara langsung dimana guru memberikan materi dengan metode ceramah, tidak bisa langsung dikatakan sebagai strategi yang efektif. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 14 Kepahiang, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi quizizz dapat memotivasi pembelajaran siswa yang menyenangkan tapi tidak menghilangkan atau menurunkan pemahaman siswa mengenai materi serta memanfaatkan perkembangan teknologi. Aplikasi quizizz juga dapat dijadikan alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran terhadap siswa SD Negeri 14 Kepahiang.

References

Annisa, Rahma dan Erwin. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Disekolah Dasar, Jurnal Basicedu.

Arsyad, Azhar (2005). Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas, Undang-undang No. 20 tahun 2003, Sistem Pdndidikan Nasional

Emda, A (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran, Lantanida Journal.

Oktiani, I (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik, Jurnal Kependidikan, https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika, MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Rejeki, M.Fachri Adnan, Dan Pariang Sonang Siregar. 2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Shidiq, U., & Choiri, M (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan In Journal of Chemical Information and Modeling. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan.pdf

Utomo, Hendro. 2020. Penerapan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Tematik Siswa Kelas Iv Sd Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan.

Wahyudi, R., & Syahputra Pasaribu, H (2015). Perancangan Aplikasi Quiz Menggunakan Metode Pengacakan Linear Congruential Generator (LCG) Berbasis Android, Riau Journal Of Computer Science. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/RJOCS/article/download/484/470

Downloads

Published

2022-12-23

Issue

Section

Articles