Peran Guru PAI Dalam Menerapkan Budaya Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SD Negeri 4 Rejang Lebong

Authors

  • Helpika Hikamiah SD Negeri 4 Rejang Lebong

Keywords:

Budaya Literasi, Guru PAI, Minat Baca

Abstract

Pada setiap sekolah tentu mempunyai budaya serta kebiasaan masing- masing. Salah satu budaya yang sering ditemui di lembaga sekolah adalah budaya literasi. Sama seperti halnya di SD Negeri 4 Rejang Lebong yang menerapkan budaya literasi tidak hanya dalam proses pembelajaran saja akan tetapi dalam pendidikan agama Islam juga. Pembiasaan tersebut adalah literasi minat baca yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam. Kedudukan dari motivasi belajar itu tentunya sangat penting bagi para siswa dengan adanya motivasi tentu siswa akan merasa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini membahas tentang bagaimana peran guru PAI dalam menerapkan budaya literasi terhadap minat baca siswa kelas V di SD Negeri 4 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik analisis data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian kemudian penulis memperoleh kesimpulan mengenai pengaruh budaya literasi yang diterapkan terhadap minat baca para siswa. Karena di dalam aspek budaya literasi itu sendiri terdapat aspek, membaca, menulis menyimak dan menghafal yang tentunya akan berpengaruh dalam minat baca para siswa.

References

Ediyono, Suryo. n.d. “Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal Dalam Mata Kuliah Menulis Puisi Mahasiswa.”

Fauziyah, Nur Laily, and Aldian Syah. 2022. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” 503–18. doi: 10.30868/ei.v11i01.2092.

Hidayat, Muhammad Hilal, Imam Agus Basuki, and Sa Akbar. 2018. “Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar.” (2017):810–17.

Khusna, Syafa’atul, Lailatul Mufridah, Ni’matu Sakinah, and Aan Fadia Annur. 2022. “Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 2(2):101–12. doi: 10.35878/guru.v2i2.454.

Perdana, Ryzal, and Meidawati Suswandari. 2021. “Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar.” 3(1):9–15.

Pujiati, D., M. A. K. Basyar, and ... 2022. “Analisis Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar.” Pedagogik Journal of … 5(1):57–68.

Rohim, Dhina Cahya, Septina Rahmawati, and Universitas Muhammadiyah Kudus. 2020. “DI SEKOLAH DASAR.” 6(3).

Salma, Aini. 2019. “Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar.” 122–27.

Sdn, Negeri, and Branta Pesisir. 2020. “MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI SEBAGAI DIMENSI SPIRITUAL MELALUI KISAH-KISAH NABI PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR.” 2:163–76.

Sekolah, Literasi. 2019. “Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Melalui Gerakan Literasi Sekolah.” 106–13.

Sudigdo, Anang, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Sekolah Dasar, and Yang Maha Esa. 2017. “Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan.” 2015:24–30.

Suryadi, M. Amin Rizki, Muh Zulkifli, Budaya Literasi, and Meningkatkan Minat Baca. 2021. “STRATEGI GURU PAI DALAM MENERAPKAN BUDAYA LITERASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMA NW SURALAGA.” 1:81–89.

Teguh, Mulyo. 2013. “Gerakan Literasi Sekolah Dasar.” 18–26.

Wahidin, Unang. 2018. “Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Implementasi Literasi Media … Implementasi Literasi Media ….” 229–44.

Yunianika, Ika Tri, and . Suratinah. 2019. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(4):507. doi: 10.23887/jisd.v3i4.17331.

Downloads

Published

2022-12-23

Issue

Section

Articles