Peningkatan Hasil Belajar PAI Tentang Ketentuan Zakat Fitrah Melalui Pendekatan Somatic Auditory Visual Intelegency (SAVI) Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VI SDS Salafiah

Authors

  • Hesty Sampurna SDS Salafiah

Keywords:

Hasil Belajar, PAI, Zakat Fitrah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakngi dengan metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) masih didominasi dengan ceramag. Hal ini berdampak terhadap prestasi bbelajar siswa. Hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas VI SDS Salafiah Kaur diketahui jika hasil prestasi belajar siswa masih rendah khususnya pada materi zakat fitrah. Hal ini disebabkan karena siswa belum memahami penjelasan yang diberikan oleh guru. Guna meningkatkan penegteahuan siswa maka diperlukanstrategipengembangayaknipendekatan Somatic Auditory Visual Intelegency (SAVI) dengan media audio visual. Harapannya pengembangan media SAVI dengan media audio visual ini dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi ketentuan zakat fitrah. Metode penelitian yakni PTK dengan 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan metode SAVI dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada siklus I yakni 38,46%, siklus II 76,92% dan siklus III sebanyak 100%.

References

Abrar, R. N., Dewi, T. C., Dewantari, W., Rosyidah, S. F., & Prastowo, A. (2021). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa terhadap Materi Zakat melalui Pembelajaran Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 51–60.

Kamilah, S. L. (2014). Penerapan Model SAVI dalam Pembelajaran Menulis Puisi.

Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (2), 1–9.

Koderi. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis SAVI Untuk Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 206–223.

Kusumawati, S. W., & Gunansyah, G. (2013). Model pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 2.

Lestariningsih. (2020). Bimbingan Teknik Penulisan Ilmiah untuk Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. JPPNu (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 2(1), 71–75.

Lya, yurindhar R. U., Hanief, M., & Dewi, M. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Rumah pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 1 Sidorenggo Ampelgading. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(11), 69–77.

Nst, E. (2016). Pengaruh Metode SAVI dan Metode Inquiry terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Medan. Jurnal Edu Tech, 2(1), 28–42.

Suwarni. (2021). Peningkatan Minat Belajar Tema 3 Subtema 2 mellaui Media Audio Visual pada Siswa Kelas 1 SDn Mlancu 1 Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, I(2), 579–595.

Yasin, M. Y., Abidin, M. K., Hupron, M. Z., Muhsin, M., Fikriya, H., Puspitasari, R. M.,

… Lestariningsih. (2020). Pelatihan Manajemen Pakan Itik Pedaging untuk Meningkat Pengetahuan Peternak Itik Pedaging di Kecamatan Ngegok Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdiam Dan Pemberdayaan Nusantara, 2(2), 150–154.

Yoni, I. (2020). Permasalahan Pembelajaran PAI dan Solusinya di SD 1 Penganjar. Al Hikmah : Journal of Education, 1(1), 25–34.

Yuliani, A., Suhartono, & Ngatman. (2017). Penerapan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dan Media Gambar Seri dalam Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita pada Siswa kelas V SD Negeri 1 Kebumen Tahun Ajarab 2013/2014. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 5(4), 1–5.

Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 263–278.

Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2019). Analisis Karakteristik Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Jenjang SD,SMP dan SMA. ADDABANA Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–11.

Downloads

Published

2022-12-23

Issue

Section

Articles