Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pemilihan Ketua MPK Dan OSIS Di SMPS IT Alkautsar Duri

Authors

  • Fitra SMPSIT Alkautsar Duri Riau

Keywords:

Pendidikan, Demokrasi, Organisasi Siswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai penerapan nilai nilai demokrasi bagi siswa/pelajar Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Alkautsar Duri dalam memahami Demokrasi melalui Pemilihan Ketua OSIS dan MPK di SMPS IT Alkautsar. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan gambaran atau deskripsi mengenai bagaimana siswa sekolah mengah pertama itu dalam memahami demokrasi dan sekaligus dipraktekkan langsung melalui Pemilihan Ketua OSIS dan MPK di SMP IT Alkautsar Duri. Adapun salah satu pemahaman yang meraka dapatkan secara pertama kali melalui Mata Pelajaran PKN yang membahas mengenai Demokrasi itu sendiri. Yang ingin diteliti disini apakah sejalan dengan mata pelajaran tersebut dengan pelaksanaan pemilihan ketua osis dan MPK tersebut secara prakteknya dilihat dari pemahaman demokrasi yang disampaikan oleh Schumpeter mengenai demokrasi procedural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana yang dijadikan peneliti melihat langsung proses pemilihan Ketua OSIS dan MPK. Data hasil temuan dilapangan dianalisis dengan Metode Analisis Interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Dimana hasil data yang diolah nantinya mampu mendiskripsikan model pendidikan demokrasi yang ada di Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Politik yang dilakukan melalui dunia pendidikan dan dilaksanakan secara langsung oleh siswa SMP IT Alkautsar telah memahami tentang hak dan kewajibannya sebagai warga Negara dan mampu mengartikulasikan kepentingannya dengan baik. Melalui pemilihan ketua OSIS dan MPK tersebut mereka mampu mengaktualisasikan pemahaman mereka mengenai Demokrasi yang berdasar preferensi yang telah mereka dapatkan baik melalui Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) maupun melalui media sosial dan elektronik yang telah mereka dapatkan.

References

Dahl, Robert, Perihal Demokrasi, Demos, Yogyakarta, 1998

Mamat Supriatna. 2010. Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standa Proses Pendidikan, (Jakarta, Kencana Prinata Media Group, 2002)

Santoso, M. A. (2010). Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung Merupakan Sarana Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia. Yuriska: Jurnal Ilmiah Hukum, 2(2), 1-14.

Setiawan, O. 2018. Pengaruh Aktivitas Siswa Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKN Di SMA Utama 2 Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas lampung. Bandar lampung

Shalahhuddin, Mahfudh. 1990. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Tanu, I. K. (2016). Pembelajaran Berbasis Budaya Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 34-43.

http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/propatria/article/view/489/223

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles