Sinkronisasi Nilai-nilai Islam Berkemajuan dalam Pendidikan Agama Islam (PAI)

Authors

  • Hardianto SDN 108 Pinrang

Keywords:

Nilai-nilai Islam Berkemajuan, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Kebangkitan Islam di wilayah negeri berpenduduk muslim senantiasa berdengung. Berbagai cara dilakukan berdasarkan prinsip pemahaman ajaran Islam yang diyakininya. Setiap kelompok Islam berusaha memberikan wajah Islam yang sesungguhnya kepada masyarakat lokal maupun internasional. Indonesia merupakan negara yang diprediksi menjadi salah satu wilayah yang menjadi peradaban Islam, hal itu dapat terlihat dalam jargon Islam berkemajuan dan Islam nusantara. Suatu tantangan tersendiri bagi Pendidikan Agama Islam untuk mengikuti salah satu dari dua jargon di atas, atau hanya mengambill yang dianggap selaras dengan konsep PAI. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan konsep Islam berkemajuan yang selaras dengan Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di sekolah-sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menguraikan konsep Islam berkemajuan yang dapat dijadikan sebagai pandangan dalam merumuskan Pendidikan Agama Islam. Kuatnya kultur Muhammadiyah di sekolah-sekolah dibawah naungan organisasi masyarakat (ormas) Muhammadiyah tentu lebih banyak mewarnai penanaman ajaran agama Islam, sedangkan sekolah umum lebih banyak pada implementasi Islam berkemajuan pada materi-materi PAI.

References

Al-Naisaburi, Imam Abu al-Husain Muslim bin al_hajjaj. al-Jamius Shahih (Mesir: Isa al-babil Halabi, t. th, No. 4899.

Burhani, Ahmad Najib. (2017).http://sangpencerah.id/2015/07/islam-nusantara-vs-islam-berkemajuan.html.

Direktorat Pendidikan Agama Islam Kemenag RI. (2017). Panduan Penyelenggaraan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru PAI (PPKB-BPAI). Jakarta: Kemenag RI.

Djohantini, Siti Nordjannah. (2017). Relasi Sosial Berkemajuan-Relasi Berkeadilan. Suara Muhammadiyah 05/102].

Fazlur. Rahman. (1985). Islam and Modernity, Transformation of an Intellectual Tradition terjemahan Islam dan Modernitas tentang Transformasi Intelektual. Bandung: Penerbit Putaka.

Mujtahid. (2011). Pengembangan Madrasah Dan Sekolah Islam Unggulan. Jurnal el-Hikmah Fakultas Tarbiyah UIN Malang; el-hikmah (Vol IX, No 1; 06..

Mustofa, Saiful. (2015). Meneguhkan Islam Nusantara untuk Islam Berkemajuan. Episteme Vol. 10, No. 2 Desember.

Nashir, Haedar. (2015). Gerakan Islam Pencerahan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

------------------. (2016). Memahami Ideologi Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah,

Nasution, Harun. (2011).Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI-Press.

Ngalim, Abdul. (2015). Pendidikan Muhammadiyah yang Berkemajuan Berbasis Kesantunan Berbahasa.Tajdida, Vol. 13, No. I Juni.

Novanto, Riza A. (2017). http://www.suaramuhammadiyah.id/2016/09/06/lima-pilar-islam-berkemajuan/, diakses tanggal 8 April.

Permata, Ahmad Norma. (2016).Islam Berkemajuan-Indonesia Berbudaya Saing. Yogyakarta: Kedaulatan Rakyat.

PP Muhammadiyah. (2015). Negara Pancasila Sebagai Darul Ahdi wa Syahadah. Yogyakarta: Gramasurya,

PP Muhammadiyah. (2015).Pedoman Hidup islami. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Suprayogo,Imam. (2014).Menghidupkan Jiwa Ilmu. Jakarta: PT. Elex Media Komoutindo.

Sutrisna, Em.(2015). Muhammadiyah dan Gerakan Kesehatan Berkemajuan. Tajdida, Vo. 13, No. 1 Juli.

Zarkasyi, Hamid Fahmy.(2012). Misykat. Jakarta: INSISTS-MIUMI.

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles