Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Eksperimen (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 23 Kaur Kabupaten Kaur)

Authors

  • Kiki Marlena SDN 23 Kaur Kabupaten Kaur

Keywords:

Model Pembelajaran Eksperimen, PTK, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Tindakan perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan metode “Model Pembelajaran Eksperimen”, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi pokok Mengenal Ketentuan Salat. Pelaksanaan PTK ini mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan oleh IGAK Wardhani yang tahapannya meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observasing) dan refleksi (reflecting) atau evaluasi. Tahapan-tahapan berdaur dan membentuk siklus. PTK ini pelaksanaanya secara berkolaborasi antara peneliti, pengamat dan Teman Sejawat sebagai supervisor. Proses tindakan perbaikan materi Pendidikan Agama Islamdengan menggunakan metode “Model Pembelajaran Eksperimen”) minat dan keterlibatan serta keaktifan siswa mengalami peningkatan, siswa semangat melakukan kerja kelompok, berdiskusi maupun menjawab pertanyaan peneliti, 2) hasil prestasi atau ketuntasan belajar meningkat dari 31,25% pada siklus awal menjadi 62,5% pada siklus I dan mencapai 87,5% pada siklus II.

References

Agus Suprijono. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Buchari Alma, dkk. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. (2007). Integrated Learning: Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pendidikan SD. Bandung: Fallah Production.

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

John M. Echols & Hassan Shadily. (1984). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia. Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Muhammad Numan Somantri. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan Pendidikan Agama Islam. Bandung: PPS-UPI dan Rosdakarya.

Muhibbin Syah. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Rusna Ristasa. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka

Sapriya, dkk. (2006). Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.

Bandung: UPI Press. (2009). Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Bandung: UPI Press.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles