Implementasi Leadership Guru PAI Terhadap Pembentukan Ahklak Siswa
Keywords:
Implementasi, Kepemimpinan, Ahklak MuliaAbstract
Praktik pendidikan seharusnya mampu menenmbus dimensi kehidupan para siswa secrara integral, tidak hanya memfokuskan pada kecerdasan intelektual serta pengusaaan teori secara umum, karena pendidikan tidak hanya terbatas paada transfer ilmu, tetapi juga harus mmapu menghidupkan ruh spiritual ajaran islam sebagai pedoman dalam bertingkah laku. Figur pemimpin tentunya tak lepas dalam peran seorang guru, kaarna guru sendiri adalah sosok yang memilki kekuasaan daalam proses pembentukan dan pembangunan kultur ahklak yang mulia selain tugas utama untuk mencerdaskan para siswa. Guru tentunya senantiasa dituntut untuk memilki ketrampilan yang bisa dikembangkan da disesuaikankan dengan kemmapuan yang telah ditetapkan atau di isyaratkan pada undang-undang. Penelitian ini adalah salah satu usaha dalamengkaji permasalahan pentingnya pendidikan ahklak mulia bagi peserta didik, yang menjelaskan bagaimanan kompetensi guru PAI, implementasi kompetensi kempemimpinan guru PAI dan kendala dan usaha yang dilakukan dalam mengoptimalkan peran guru PAI terhadap pengaktualisaian ahklak mulia para siswa di sekolah.
References
Agustinova, Danu Eko. 2015. “Hambatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Islam Terpadu Studi Kasus SDIT Al-Hasna Klaten.” 12(1):12–18.
Ahsanulkhaq, Moh. 2019. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2(1). doi: 10.24176/jpp.v2i1.4312.
Anon. 2020. “Implementasi Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI Dalam Mengaktualisasikan Akhlak Mulia Peserta Didik.” 9(1):1–2.
Guru, Peran, Dalam Meningkatkan, and Karakter Religius. 2020. “Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.” 10:59–70.
Jai, Ani Jailani, Chaerul Rochman, and Nina Nurmila. 2020. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(2):257–64. doi: 10.24042/atjpi.v10i2.4781.
Kapatan, Silmi, Inda Robby, Dina Abdilah, Aiman Faiz, Politeknik Al, Islam Bandung, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Cirebon, and Jurnal Education. 2022. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI COVID-19 : PROSES PEMBELAJARAN DAN HAMBATAN.” 10(1):234–39.
Mitra, Rahendra Maya, and Moch Yasyakur. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020.” Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah 1(1):95–104.
Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, and Imam Taulabi. 2020. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan.” EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 2(1):55–66. doi: 10.33367/jiee.v2i1.995.
Pai, Pembelajaran. 2016. “KEPEMIMPINAN GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI Oleh: Khalilah Nasution 1.” 04(01):116–28.
Pakpahan, Poetri Leharia, Umi Habibah, Universitas Islam, Negeri Sunan, Kalijaga Indonesia, Islamic Religious, Pendidikan Agama, and Karakter Religius. 2021. “MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM.” 2(1):1–20.
Sitorus, Syahrul, Delvi Andriadi, Syarah Juwita, and Wahyu Dian Nasution. 2020. “Pola Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas Vii C Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Pab 1 Helvetia.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam 1(2):36–54. doi: 10.51672/jbpi.v1i2.7.
Sosial, Al-muaddib Jurnal Ilmu-ilmu, Nur Rima Kholifah, Fauziyah Putri, Ikhwana Desy, and Suchita Martin. 2020. “KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS Jurusan Pendidikan Agama Islam , Fakultas Agama Islam , Pendahuluan.” 106–18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Leli Haryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.