Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pasca Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar

Authors

  • Joni Putra Jaya SDN 30 Seluma

Keywords:

Permasalahan, Analisis, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis permasalahan yang muncul dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta hal yang harus dilakukan oleh guru agama di SD Negeri 30 Seluma. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan seluruh permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini, kemudian menganalisisnya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pasca pandemic covid-19 berpengaruh negatif terhadap guru dan siswa. Guru dan siswa harus mampu beradaptasi kembali dengan pembelajaran yang dilakukan di kelas, baik dari segi sikap maupun tingkah laku anak dalam bergaul ketika berada dilingkungan sekolah, selain itu siswa juga harus mempunyai tanggung jawab dan beradaptasi dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) secara tatap muka di kelas. Selanjutnya upaya yang dilakukan guru agama adalah dengan mengajarkan siswa untuk melakukan tanggung jawabnya sebagai seorang muslim, seperti siswa melaksanakan sholat dhuha berjamah di mesjid sekolah, membaca Al Qur’an dan menghafalakan surat-surat pendek. Sehingga diharapkan siswa dapat termotivasi kembali dalam mempelajari ilmu Agama Islam baik di rumah maupun di lingkungan sekolah. Dengan demikian Kepala Sekolah, Guru Agama dan Siswa harus membiasakan kegiatan yang baik di sekolah, dan di lingkungan keluarga.

References

Ajak Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach - Ajat Rukajat - Google Buku. In CV. Budi Utama.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Aswan, A. (2020). Memanfaatkan Whatsapp Sebagai Media dalam Kegiatan Literasi di Masa Pandemi Covid-19. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Chairani, M., Wiendijarti, I., & Novianti, D. (2009). Komunikasi interpersonal guru dan orang tua dalam mencegah kenakalan remaja pada siswa (studi deskriptif pada siswa kelas XI SMA Kolombo Sleman). Jurnal Ilmu Komunikasi.

Cresweel, J. (2014). Research Design Qualitaif, Quantiatif. In Macromolecular Chemistry and Physics. Elihami, E. (2021). E-Learning in Islamic Education and Pancasila on During Covid-19 Pandemic. Academy of Education Journal.

Koko, K. (2020). Implementasi Konsepsi Tujuan Pembelajaran PAI Untuk Menghadapi Era Revolusi 4.0. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran.

Kuncoro, K. S., Kusumaningrum, B., & ... (2021). Peran Masyarakat dalam Mengurangi Penyebaran Covid-19. PROSIDING ….

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA).

Ma’ruf, M. (2017). Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha terhadap Pembentukan Perilaku Religius Siswa di MTsN Ngantru Tulungagung. IAIN Tulungagung.

Mastur. (2019). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Peace Education dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mts. Al-Ikhlashiyah Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Lentera: Jurnal Studi Pendidikan.

Melina, R., Hasibuan, R. Y., Armita, P. T., Hasanah, N., Alasindo, A. N., & Yusrizal, Y. (2022). Analisis Permasalahan Pembelajaran di Masa Pandemi di SMA Negeri 1 Panai Tengah. Jurnal Penelitian Inovatif. https://doi.org/10.54082/jupin.40

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. PT Remaja Rosdakarya.

Mukhsin, M. (2017). Kepemimpinan Islami, Budaya Kerja Islam dan Produktivitas Kerja Karyawan. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking.

Musawwamah, S., & Taufiqurrahman, T. (2019). Penguatan Karakter Dalam Pendidikan Sistem Persekolahan (Implementasi Perpres Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam.

Refda Pektorena, S. M. (2022). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA COVID-19. An-Nizom Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam , 148-159

Roinah, R. (2019). Problematika dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di STAIN Bengkalis.

Sangadah, K. (2020). “Strategi Perusahaan Mengelola SDM Menuju Era New Normal Studi Kasus Pada Perusahaan Properti Menengah di Jabodetabek.” Orphanet Journal of Rare Diseases.

Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). Covid-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. In Journal of Advanced

Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles