Penerapan Media Pembelajaran Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Wudhu

Authors

  • Leni Efriyani Lubis SD Negeri 219 Bengkulu Utara

Keywords:

Media Pembelajaran Video, Hasil Belajar, Materi Wudhu

Abstract

Penelitian Penerapan media pembelajaran berbasis video di SDN 219 Bengkulu Utara dilator belakangi oleh adanya beberapa problematika yang ditemui di lapangan yaitu sistem pembelajaran yang konvensional, yang hanya menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa merasa bosan ketika menerima pelajaran dan suasana kelas menjadi tidak aktif khususnya pada mata pelajarn PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemanfaatan media vidio dalam pemahaman tentang tata cara wudhu pada siswa kelas II di SD Negeri Bengkulu Utara? 2) Bagaimana hasil belajar PAI materi wudhu melalui penerapan media vidio bagi siswa kelas II SD Negeri 219 Bengkulu Utara?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 219 Bengkulu Utara. Hasil penelitian ini adalah 1 Hasil dari penelitian ini pada pembelajaran PAI sudah terlaksana dengan bagus. Penerapan media vidio pada pelajaran PAI materi wudhu sudah mencapai keberhasilan. Hasil belajar siswa pada pelajaran PAI materi wudhu sudah mencapai ketuntasan hal ini terlihat pada siklus I nilai rata-rata 79,90 dengan persentase 66,7% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 88,09 dengan persentase 90,5% terlihat sangat jelas peningkatan hasil belajar menggunakan media vidio mengalami peningkatan yang lebih baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa selama mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media vidio sebesar 95,6%, hasil proses pembelajaran ini tergolong kedalam kriteria sangat positif karena siswa senang dalam belajar sambil menggunakan media vidio.Siswa menunjukkan semangat dalam pembelajaran Fiqih diantaranya siswa menjadi antusias dalam proses pembelajaran, dan aktif ketika guru memberikan pertanyaan. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video dalam proses pembelajaran tidak memiliki kesulitan baik bagi guru maupun bagi siswa.

References

Aminatuz, Zahroh, Wudhu Itu Menyehatkan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014).

Anni, Catharina Tri, Psikologi Belajar, Semarang: UPT MKK UNNES, 2006.

Damiri, Ibnu, Bersuci Secara Islami, (Solo: Media Zikir, 2008).

Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan, (Cet. III; Bandung: Alfabeta, 2015)

Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan, (Cet. III; Bandung: Alfabeta, 2015).

Slameto, Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta 2003.

Syah, Muhibbin, 2003. Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru.

Warsita, Bambang, Pendidikan Jarak Jauh Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011).

Warsita, Bambang. Pendidikan Jarak Jauh: perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi diklat. Remaja Rosdakarya, 2011.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles