Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kepahiang
Keywords:
Kinerja pengawas, Strategi pengawas PAI, kegiatan pembelajaranAbstract
Pendidikan bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun negara menuju masyarakat yang adil dan makmur. Untuk itu tuntutan mutu dalam pendidikan harus terus dilaksanakan dan ditingkatkan. Peningkatan mutu merupakan agenda utama dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan meningkatkan peran pengawas dalam kegiatan supervisi. Kinerja pengawas yang baik akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kinerja pengawas PAI dan mendeskripsikan strategi pengawas pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran di MAN 2 Kepahiang. Pendekatan dan metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian diketahui bahwa kinerja pengawas PAI dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran belum optimal dan maksimal. Hal ini dapat dijelaskan dari faktor internal berupa kurangnya sumber daya pengawas dalam bentuk kurangnya kompetensi pengawas PAI, kurangnya komitmen pengawas PAI dan strategi pengawas PAI dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran. Pengawas hendaknya selalu meningkatkan kemampuan kepengawasan/ meningkatkan kompetensi (khususnya kompetensi pedagogis), membinaan bagi pengawas PAI dan 3. Adanya dukungan kementrian agama.
References
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Moleong, Lexi J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Tim Dosen FIP-IKIP Malang. (1981). Pengantar Dasar-dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Hendriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.