Metode Pembiasaan Akhlakul Karimah Siswa Melalui Buku Penghubung di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong

Authors

  • Lismarita SMP Negeri 2 Rejang Lebong

Keywords:

Metode Pembiasaan, Akhlak, Buku Penghubung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam bagaimana metode pembiasaan akhlak di SDIT Khoiru Ummah, (2) Bagaimana pelaksanaan buku penghubung di SDIT Khoiru Ummah, (3) Bagaimana pembiasaan akhlak melalui buku penghubung di SDIT Khoiru Ummah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil latarbelakang tempat SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi sumber (mengamati data hasil pengamatan dengan wawancara). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Metode pembiasaan akhlak pada siswa SDIT Khoiru Ummah metode keteladanan, pembiasaan, diskusi, hafalan, ceramah, demonstrasi, nasehat, penghargaan, hukuman dan praktikum dalam aplikasi pembiasaan menerapkan 5S dan pembiasaan lainnya yang sudah terproggram secara efektif mulai dari siswa masuk gerbang sekolah, aktifitas di kelas sampai aktifitas pulang semuanya sudah terprogram dan menerapkan penanaman karakter akhlakul karimah. (2) Pelaksanaan buku penghubung di SDIT Khoiru Ummah, Pelaksanaan buku penghubung dalam pembiasaan akhlak siswa SDIT Khoiru Ummah berjalan sangat efektif, buku penghubung juga sebagai pengontrol pembiasaan akhlak seperti: shalat wajib, shalat sunah, tilawah, hafalan surat, puasa sunah, birul walidain dan juga mentoring. (3) Bagaimana pembiasaan akhlak melalui buku penghubung di SDIT Khoiru Ummah, Pembiasaan akhlak dalam buku penghubung sudah berjalan dengan efektif, pembiasaan akhlak dalam buku penghubung merupakan cara yang sangat penting untuk diterapkan dalam pendidikan pada anak-anak, karena dengan pembiasaan-pembiasaan akhlak diyakini sebagai salah satu cara yang cukup berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian anak dan pembentukan sikap beragama. Dari pembiasaan akhlak melalui buku penghubung terdapat unsur pembiasaan Akhlak yang dapat diinternalisasikan kepada peserta didik diantaranya: 1) Pembiasaan beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, 2) Pembiasaan Akhlak kepada sesama, 3) Pembiasaan Akhlak kepada diri sendiri, 4) Pembiasaan Akhlak kepada lingkungan.

References

Abdul Razak Husain, 2000, Hak Anak-anak Dalam Islam Jakarta: Fikahati Aniska

Al-Ghazali, Zainab, Dendi Irfan, and Euis Erinawati. Problematika muda-mudi, Bandung: Gema Insani, 2000

Buku Pedoman Penulisan Tesis Pascasarjana IAIN Curup, Buku Pedoman Penulisan Tesis Pascasarjana IAIN Curup, Curup: IAIN Curup, 2021

D I Sekolah et al., “No Title,” 2010

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya Bandung: Syamil Qur’an, 2007

Erwanto, “Penerapan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (Jsit) Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Smpit Khoiru Ummah Rejang Lebong,” Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019): 71 84,https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/1994 .

Fitriani Nafiah, Ahmad Syamsu Rizal, and Syahidin Syahidin, “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pai Di Sdit Luqmanul Hakim Bandung,” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2015): 25, https://doi.org/10.17509/t.v2i1.3375.

Ina Sholihah Widiati, Ema Utami, and Henderi Henderi, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Sekolah Islam Terpadu,” Creative Information Technology Journal 2, no. 4 (2015):329–40, https://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/view/59.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), hlm. 26

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Moch. Yasyakur, “Model Pembelajaran Berkarakter Dalam Perspektif Al-Quran (Pada Sekolah Islam Terpadu Full Day School),” Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan 06, no. 11 (2017): 74.

Rahmat Sugiharto, “Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan,” Educan : Jurnal Pendidikan Islam 2017, no. 1 (2017), https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1299.

Ristianti, D. H., Putrajaya, G., & Fathurrochman, I. (2020). Organizational behavior management through group counseling discussions as a radicalism preventive effort. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(1), 23-31.

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan R&D Bandung: Alfabeta, 2016

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles