Mendemontrasikan Bacaan Al-Quran Melalui Hapalan Surat Pendek Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 51 Bengkulu Utara

Authors

  • Marlina SMPN 51 Bengkulu Utara

Keywords:

Demonstrasi, Al-Quran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini dilakukan sesuai dengan kondisi yang ditemui di lapangan pada saat proses kegiatan pembelajaran di setiap kelas. Adanya ketidak mampuan siswa didalam membaca Al-Quran. Dimana kendala yang dihadapi oleh siswa didalam membaca Al-Quran baik itu dalam melafalkan huruf hijaiyah atau makhroj maupu pada ilmu tajwidnya. Hal ini di sebabkan kurangnya minat siswa di dalam membaca Al-Quran. Sedangkan dalam pembelajaran Agama Islam siswa harus dituntut untuk mampu membaca Al-Quran sesuai dengan makhroj dan tajwidnya. Dengan kondisi seperti ini sehingga adanya keinginan untuk membiasakan siswa membaca Al-Quran dengan melalui pembiasaan di sekolah dengan memberikan hapalan surat pendek setiap minggu ke pada siswa. Surat pendek tersebut dihapalkan oleh siswa dan di bacakan sebelum setiap mulai jam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu, siswa ditekankan untuk belajar membaca Al-Quran baik dirumah maupun di tempat pengajian yang berada di tempat tinggal terdekat. Dengan memberikan catatan berupa jurnal yang merupakan suatu bentuk atau teknik didalam mengawasi siswa didalam belajar membaca Al-Quran. Karena dalam membiasakan siswa untuk membaca Al-Quran sangat perlu sekali pengawasan baik pengawasan dari orang tua siswa ataupun dari guru agama. Dengan begitu minat belajar membaca Al-Quran dalam diri siswa akan tumbuh dan lebih mencintai Al-Quran.

References

Armai Arif. 2002. Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Baharuddin dan Nurwahyuni, Esa Nur. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Darajat, Zakiah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djohar. 2003. Pendidikan Strategik Alternatif Untuk Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Lesfi.

Faizin. 2018. Agama Islam Materi Wudhu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas II Sd Negeri 01 Kebondalem Kecamatan Pemalang. Janacitta.

Hasibuan JJ, Mudjiono. 1986. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Mahmudi, Mahmudi. 2019. “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi”. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Mahmud, Yunus. 1990. Metodik khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Hida Karya Agung.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Wali.

Syaiful Bahri Djamarah, dkk. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

UU SISDIKNAS No. 20: 2003 “Pengertian Pendidikan”

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles