Upaya Peningkatan Hasil Belajar PAI Tentang Shalat Dengan Metode Demonstrasi Melalui Bimbingan Teknis Bagi Siswa Kelas IV SDN 34 Kaur Tahun Pelajaran 2022/2023
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Penelitian TindakanAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan dalam setiap siklusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan metode demonstrasi melalui bimbingan teknis dapat meningkatkan hasil belajar PAI tentang shalat pada siswa kelas IV SD Negeri 34 Kaur tahun ajaran 2022/2023. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi melalui bimbingan teknis untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV SD Negeri 34 Kaur. Dari hasil analisis diperoleh bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan kriteria ketuntasan minimal Pada siklus 1 pertemuan pertama skor rata-rata 64,38 siswa dengan ketuntasan 41%. Pada pertemuan kedua skor rata-rata siswa 70,00 dengan ketuntasan 59%. Pada 2 siklus pertama pertemuan pertama skor rata-rata siswa 76,25 dengan ketuntasan 72%. Pada pertemuan kedua skor rata-rata siswa 88,13 dengan ketuntasan 94%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2017. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jagakarsa: PT Rajagrafindo Persada.
Zakiah Daradjat, 2000, Shalat: Seni Pendidikan dan Keimanan untuk Anak-Anak, CV. Ruhama, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maiya Epriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.