Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasai Belajar Siswa Pada Materi Mengenal Kitab-Kitab Allah Melalui Media Powerpoint Di SD Negeri 01 Tebat Karai
Keywords:
Motivasi, Hasil Belajar, Microsoft PowerpointAbstract
@gmail.com
Original
Abstrak: Dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk meningkatkan motivasi hasil belajar peserta didik pada materi Mengenal Kitab-kitab Allah melalui media microsoft powerpoint pada siswa kelas V SD Negeri 01 Tebat Karai semester I tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 10 siswa.
Abstrak: Dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk meningkatkan motivasi hasil belajar peserta didik pada materi Mengenal Kitab-kitab Allah melalui media microsoft powerpoint pada siswa kelas V SD Negeri 01 Tebat Karai semester I tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 10 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data terdiri atas data kualitatif berupa lembar observasi, catatan harian, dan foto dokumentasi pembelajaran, dan sumber data kuantitatif berupa tes tertulis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik nontes untuk data kualitatif, dan teknik tes untuk data kuantitatif dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil pre-tes dan posttest yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, di setiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media microsoft powerpoint dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 72,66% dengan kategori cukup menjadi 92,66% dengan kategori baik atau mengalami peningkatan 20%. Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I siswa yang tuntas secara klasikal sebesar 80%, dan pada siklus II menjadi 90% atau dari 10 siswa menjadi 9 siswa, sehingga ada peningkatan ketuntasan klasikal siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 10%.
References
Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan (Pengertian, Perkembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: Rajawali Pers
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Gratindo Persada
Asnawir, Usman Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
Danim, Sudarman. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta
Didin, S., A Husaini, M. Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Islam, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 2 (2), 152-197
Kemendikbud. 2016. Panduan Penialaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Anak Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Pers
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistitika, Edisi 6. Bandung: Tarsito
Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Zaman, Badrus. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih melalui Penerapan Metode CTL dan Pemberian Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Teras, Boyolali Tahun 2012. Tesis: Pascasarjana UMS.
Zaman, Badrus. 2020. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Teori dan Aplikasinya. Sukoharjo: Oase Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mita Eliza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.