Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Membaca Huruf Hijaiyah Di SDN 087 Bengkulu Utara

Authors

  • Mida Rusdiana SD Negeri 087 Bengkulu Utara

Keywords:

Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar, Membaca Huruf Hijaiyah

Abstract

Seiring dengan perkembangan sistem pendidikan di Indonesia seorang guru dituntut mampu mengembangkan wawasan serta kreatif dalam kegiatan belajar mengajar. Sebagai fasilitator guru harus mampu berkreasi dan memiliki berbagai strategi dan Metode mengajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Strategi dan metode mengajar merupakan cara agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara maksimal dan dapat mencapai tujuan yang dinginkan dari proses pembelajaran di kelas. Maka dari itu guru harus menggunakan metode yang tidak hanya membuat proses pembelajaran menarik, akan tetapi juga memberikan ruang bagi peserta didik untuk berkreativitas dan terlibat langsung secara aktif selama proses pembelajaran. Model picture and picture mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Media dalam pembelajaran merupakan sumber yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Manfaat media ini adalah untuk guru dapat membantu dalam proses mengajar, mendekati situasi dengan keadaan yang sesungguhnya. Dengan media diharapkan proses belajar mengajar lebih komunikatif dan menarik. Penggunaan media gambar ini disusun dan dirancang agar peserta didik dapat menganalisis gambar tersebut menjadi sebuah bentuk deskripsi singkat mengenai apa yang ada di dalam gambar.

References

Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta Citra Umbara. Bab1 Pasal 1

Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M.Ag,. (2005) Guru dan Anak Didik. Jakarta: Jl. Jend. Sudirman Kav. 36-A Blok-B No. 5.

Anggota IKPI. (2009). Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Jawa Barat : Penerbit CV Diponegoro. Cetakan 10 No. 020/JBA/95

Suprijono, Agus.(2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ngalim purwanto. (2000). Psikolgi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.2

Ramli. (2003) Pembelajaran Dalam Perspektif Metakognisi, Banda Aceh: Lembaga Naskah Aceh.

Istarani. (2011). Tulisan bersama tentang desain pembelajaran SD. Jawa Barat : Penerbit CV Jejak, anggota IKAPI.

Kunandar. (2008) Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Depok: PT. Raja Gravindo Persada

H.M. Soleh, dkk. (2007) Pendidikan Agama Islam Jilid 2. PT. Gelora Aksara Pratama.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles