Penerapan Model Pembelajaran Aktif Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 62 Seluma Pendidikan Agama Islam (PAI) (Penelitian Tindakan Kelas)
Keywords:
Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Model Pembelajaran Aktif CRHAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa melalui model pembelajaran aktif CRH pada siswa kelas IV semester 1 SD Negeri 62 Seluma Tahun Pelajaran 2021/2022 Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai November 2021 di SD Negeri 62 Seluma. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX H sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes tertulis. Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir soal tes, dan dokumen daftar nilai. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa, nilai rata-rata prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,6, pada siklus I sebesar 77,2 dan pada siklus II sebesar 81,9. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 37,5%, siklus I sebesar 71,9% dan siklus II sebesar 93,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran aktif CRHdapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IV SD Negeri 62 Seluma Tahun Pelajaran 2021/2022
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). ProsedurPenelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman A.M. (2010). InteraksidanMotivasiBelajarMengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudiyana. (2012). PenelitianTindakanKelas. Yogyakarta: Cakrabooks dan Bradelvi.
Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning TeoridanAplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Warsono, Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mustika Sofani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.