Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Authors

  • Izawati Hospita SDN 17 Mandau, Bengkalis, Riau

Keywords:

Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD, Pendidikan Agama Islam, SD

Abstract

Guru mengemban tugas yang berat untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan kualitas manusia Indonesia, manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani. Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak factor. Di antaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Demikian pula, Keberhasilan pembelajaran PAI ditentukan bagaimana upaya guru dalam memilih strategi atau cara dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar PAI di kelas VI SDN 17 Mandau Kabupaten Bengkalis. Dibuktikan dengan hasil penelitian sesuai dengan hipotesis penelitian, dimana meningkatnya prestasi belajar dari siklus satu ke siklus dua sebagaimana hasil observasi dan ulangan harian.

References

Abdul,Wafi. 2017. Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, No. 2 (12 Juli 2017): 133–39.

Andi, Setiawan Dan Muhtar Arifin Sholeh. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Divisions) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu). Semarang: Universitas Islam Sultan Agung. Hal. 1210

Agus, Pahrudin.2014. Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir dan Pemahaman Konsep Dalam Pendidikan Agama Islam dan Sains di MTSN Kota Bandar Lampung. (Bandar Lampung: Pustaka Ali Imron, 2014) hal. 5-6

Dewi, Susilo, Reni. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Stategi Stad (Student Teams Achievement Division) Dan Tgt (Team Game Turnament) Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bego.( Tesis 2015 ) Diajukan Kepada Program Pascasarjan Uin Sunan Kalijaga: Yogyakarta. Hal.1-2

Dhikka, Reka, Timur. 2014. Perbandingan Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Dengan Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (Kkpi) Siswa Kelas Xi Smk Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2013/ 2014 “Tugas Akhir Skripsi (2014)

H.Abdul, Rahman, 2012. Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi Dan Isi-Materi. Jurnal Eksis 8 No.1 (Mar 2012); 2181-2001.

Helmiati, Model Pembelajaran. 2012 (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012), Hal.2.

Muhamad, Afandi & Dedy, Irawan,. 2013. Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Di Sekolah Dasar 2013.(Universitas Islam Sultan Agung Semarang: Unissula Press 2013). Hal. 1

Nurdyansyah & Eni, Fariyatul Fahyuni.2016.Inovasi Model Pembelajaran 2016 (Sidoarjo: Nizamia Learning Center 2016), Hal. 59

Priyoko, Tri, Santoso & Trapsilo,Prihandono, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division (Stad) Berbantuan Praktikum Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X Sman 3 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika 5 No. 3 (2016): 309-314

Tri, Ariani & Duwi,Agustini.2018. Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (Stad) Dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt): Dampak Terhadap Hasilbelajar Fisika. Science And Physics Education Journal (Spej) 1, No 2 (2018) : 67-68

Yudho, Ramafrizal, Suryana & Teni, Julia,Somadi. 2018. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Volume II Nomor 2 (Juli 2018) : 133

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles