Upaya Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Agama Pada Mata Pelajaran PAI Di Sekolah Dasar

Authors

  • Misnawani SD Negeri 019 Bengkulu Utara

Keywords:

Pendidikan, Moderasi beragama, Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini memaparkan Pendidikan Moderasi Beragama dalam Islam khususnya tentang potret dan pengembangan pendidikan moderasi beragama di Sekolah Dasar. Adapun permasalahan krusial yang hendak dijawab terkait pendidikan moderasi dalam Islam di Sekolah Dasar yakni (1) Apa yang dimaksud moderasi beragama? (2) Bagaimanakah karakteristik moderasi beragama dalam Islam? (3) dan bagaimanakah potret dan pengembangan pendidikan moderasi beragama di Sekolah Dasar? Untuk menjawab masalah tersebut ditempuh penelitian kepustakaan (library research) dengan melakukan eksplorasi berbagai literatur baik berupa buku-buku, artikel, jurnal, opini ilmiah terkait moderasi Islam untuk kemudian dianalisis secara deskriptif. Temuan dari kajian ini antara lain: Moderasi Islam dipahami sebagai keseimbangan antara keyakinan yang kokoh dengan toleransi yang di dalamnya terdapat nilai-nilai Islam yang dibangun atas dasar pola pikir yang lurus dan pertengahan serta tidak berlebihan. Implementasi nilai-nilai moderasi Islam yang dilakukan oleh guru PAI di sekolah dasar secara garis besar melalui proses pengajaran di dalam kelas yang berpatokan pada silabus, dikembangkan lagi oleh guru bersangkutan, kemudian diterapkan dalam berinteraksi di lingkungan sekolah, dari sejumlah materi PAI yang paling banyak ditekankan adalah materi akhlak, dengan kompetensi dasar dalam rangka memantapkan Sekolah Dasar dapat mengembangkan nilai-nilai moderasi islam antara lain melalui: perumusan visi dan misi berorientasi moderasi Islam, pengembangan kurikulum yang komprehensif yang mengintegrasikan nilai-nilai moderasi Islam, Optimalisasi habituasi dan budaya Sekolah Dasar sebagai strategi internalisasi nilai-nilai karakter moderasi Islam, dan mengembangkan program penguatan moderasi Islam.

References

-Book Manuscript-14-1-10-20211019

Al-Alamah al-Raghib al-Asfahaniy, Mufradat al-Fadz al-Qur‟an, (Beirut: Darel Qalam, 2009)

Habib Umar Al-Hafizh, Pimpinan Majelis Dar al-Musthafa, Yaman, dalam syiarnusantara.id/2017/10/19/kementerian-agama-bekali-dosen-pai-tentang-moderasi, diakses pada hari Kamis, 12 Desember 2019 pukul 10:20

https://kbbi.web.id/implementasi, di akses pada hari Kamis, 12 Desember 2019.

https://kbr.id/nasional/09-2021/kemendikbud_dan_kemenag_susun_kurikulum_moderasi_beragama_apa_itu_/106392.

https://kemenag.go.id/read/kemenag-dan-kemendikbudristek-bahas-penguatan-moderasi-beragama-di-sekolah-m7563.

https://www.gatra.com/detail/news/406519-Tantangan-Penerapan-Moderasi-Agama, diakses pada hari Kamis, 12 Desember 2019 pukul 21:57.

https://www.kompasiana.com/jumatan/591d43df6d7e616d29572030/apa-itu-moderasi-islam, diakses pada hari Kamis, 12 Desember 2019 pukul 09:20

Jurnal Bimas Islam Vol 13 No. 1 ISSN 2657-1188 (online) ISSN 1978-9009 (print)

kbbi.web.id, diakses tanggal 12 Desember 2019

Muhaimin Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Agensindo: 2002)

Rusmayani, Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Islam Siswa Di Sekolah Umum, STAI Denpasar-Bali, April 2008.

Silabus PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013

Syekh Khalid bin Abdurrahman, Cara Islam Mendidik Anak, (Yogyakarta: ad-Dawa 2006)

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Sinar Grafika, 2006)

Zakiyah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang, 1996)

Zuhairini, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Malang: UIN Press, 2004)

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles