Peningkatan Motivasi Belajar Agama Melalui Penggunaan Media Infocus Pembelajaran PAI Di SDN 122 Rejang Lebong
Keywords:
Motivasi Belajar, Penggunaan Media Infocus Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) motivasi belajar agama siswa (2) penggunaan media Infocus pembelajaran PAI (3) peningkatan motivasi belajar agama siswa kelas IV SD Negeri 122 Rejang Lebong. Penelitian ini ingin membuktikan secara empiris apakah terjadi peningkatan motivasi belajar agama setelah menggunakan media Infocus pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan mixed method. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 122 Rejang Lebong dengan teknik penentuan subjek purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan teori Miler dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar agama pada siklus I masih cukup rendah dengan presentase sebesar 47,72%. Sedangkan kriteria pada siklus II sudah tergolong tinggi dengan presentase sebesar 69,17%. (2) Media Infocus pembelajaran PAI dioperasikan melalui laptop kemudian ditampilkan melalui Infocus. Media ini digunakan untuk melakukan pembelajaran dalam rangka meningkatkan motivasi belajar agama. (3) Terjadi peningkatan motivasi belajar agama dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut ditandai dengan meningkatnya hasil observasi pada siklus I dan siklus II sebesar 35,74%. Sedangkan peningkatan dari hasil angket adalah sebesar 7,17%. Secara keseluruhan peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 21,45%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anas Sudijono. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Khilmiyah Akif. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Samudra Biru
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Milha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.