Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Siswa Di SMP Negeri 12 Bengkulu Utara
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendidikan agama Islam berpengaruh pada karakter siswa dan seberapa kuat pengaruh pendidikan agama Islam terhadap karakter siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiasional. Sumber data yang diperoleh berupa data primer. Data dikumpulkan dalam bentuk kuesioner. Subjek dalam penelitian ini adalah 44 responden. Proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan pendidikan agama Islam sebagai variabel bebas atau bebas dan kepribadian sebagai variabel terikat atau terikat. Berdasarkan penelitian penulis, pengujian hipotesis pendidikan agama Islam menghasilkan t-score sebesar 6,170, positif dengan nilai signifikansi 0,000. Kedua, t hitung > t tabel (6.170 > 2.000) dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) berarti hipotesis penelitian menolak Ho dan menerima Ha. tentang kepribadian siswa. Dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai regresi linier Y = 14,688 + 0,661X, taraf sig 0,000 < 0,05 (nilai alpha) berdampak pada pendidikan agama Islam dan karakter. Berdasarkan output, nilai R2 (R Square) adalah 0,377 (0,614 x 0,614) atau 37,7%. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa pendidikan agama Islam memiliki pengaruh yang besar terhadap karakter peserta didik.
References
Adib, Noblana. 2019. “Kebijakan Tentang Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Non-Formal: Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Tahun 2011-2015.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 2 (1): 23–45.
Al-Qur’an, Yayasan Penyelenggara Penterjemah, and R I Depag. 1989. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra. Semarang: Toha Putra.
Fajriati, Inayah Nurul, and Ending Bahruddin. 2021. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Karakter Siswa SMK.” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education 2 (1): 1–12.
Fathurrochman, Irwan, and Eka Apriani. 2017. “Pendidikan Karakter Prespektif Pendidikan Islam Dalam Upaya Deradikalisasi Paham Radikal.” Potensia: Jurnal Kependidikan Islam 3 (1): 122–42.
Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, Rahmat, and Abdillah Abdillah. 2019. “Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya.”
Sukatin, Sukatin. 2018. “Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam.” NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 5 (2): 131–49.
Undang-Undang, Republik Indonesia. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Neti Purwaseh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.