Strategi Guru PAI dalam Mencegah Perilaku Bullying Secara Verbal pada Peserta Didik di SMPN 02 Kota Bengkulu

Authors

  • Nofan Rahmantio SDN 09 Seluma
  • Rizkan A. Rahman Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Ahmad Syarifin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Keywords:

Bullying, Guru PAI, Strategi, Verbal

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perilaku peserta didik di SMPN 02 Kota Bengkulu yang cenderung melakukan aktivitas bullying secara verbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk perilaku bullying secara verbal yang dilakukan peserta didik, bagaimana strategi guru PAI dalam mencegah perilaku bullying secara verbal pada peserta didik di sekolah, serta mencari tahu hambatan dan solusi dalam mencegah perilaku bullying tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru PAI dengan informan di antaranya kepala sekolah, waka kesiswaan, guru, satpam, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa bentuk perilaku bullying secara verbal pada peserta didik di antaranya seperti menyebut nama orang tua, menghina kekurangan fisik teman dengan mengatakan “hitam” dan berkata kotor seperti “anjing”. Guru PAI memiliki 2 strategi dalam mencegah perilaku bullying secara verbal pada peserta didik, yaitu menggunakan teknik ceramah disertai dengan kisah inspiratif Islami serta menggunakan teknik ancaman yakni berupa menurunkan nilai peserta didik yang melakukan aksi bullying secara verbal. Namun strategi tersebut mendapatkan beberapa hambatan dari peserta didik dikarenakan peserta didik yang masih mengulangi perilaku bullying. Solusi yang diberikan guru PAI adalah dengan memberikan pemahaman dan nasehat secara terus menerus kepada peserta didik dan dilakukan dengan kesabaran serta berharap peserta didik tersebut sadar dan berhenti untuk melakukan aksi bullying secara verbal.

References

Alpian, Yayan, 2019, Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia, Vol.1, Jurna Buana Pengabdian

Djamaluddin, Ahdar, 2014, Filsafat Pendidikan, vol.1, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Parepare

Haris, Muhammad, 2015, , Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. H.M Arifin, Vol VI, No 2, Jurnal Ummul Qura

Ibrahim, Rustam, 2013, Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam, Vol.7, ADDIN

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles