Analisis Pembentukan Karakter Siswa SDN 141 Bengkulu Utara
Keywords:
Pembentukan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana kepribadian siswa di SDN 141 Bengkulu Utara mempengaruhi mereka. Anda juga bisa mendapati apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan karakter siswa/siswi SDN 141 Bengkulu Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Analisis dari penelitian ini menunjukkan adanya faktor terpenting yang dapat mempengaruhi kepribadian siswa/siswi melalui ruang lingkup keluarga, guru, lingkungan, dan media pembelajaran. Guru, media pembelajaran, dan model pembelajaran siswa berperan penting dalam pengembangan karakter siswa maupun siswi. Untuk melakukan ini, guru harus memperkuat karakter, tetapi yang paling penting adalah cinta dan dukungan keluarga. Hal ini karena tanpa dukungan dari keluarga, proses pembentukan karakter siswa terhambat.
References
Aini, Qurotul, Untung Rahardja, Nuke Puji Lestari Santoso, and Anggun Oktariyani. 2021. “Aplikasi Berbasis Blockchain Dalam Dunia Pendidikan Dengan Metode Systematics Review.” CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) 6 (1): 58.
Harun, Cut Zahri. 2013. “Manajemen Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter 4 (3).
Hidayatullah, Syarif. 2010. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Wawasan Multikulturalisme.” Jurnal Penamas Til, XXIII 3: 289–310.
Indonesia, Presiden Republik. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Jamaluddin, Muhammad. 2012. “Metamorfosis Pesantren Di Era Globalisasi.” KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 127–39.
Lickona, Thomas. 2013. “Educating for Character in the Sexual Domain.” Peabody Journal of Education 88 (2): 198–211.
Prayitno, Erman Amti, and Erman Amti. 2004. “Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling.” Jakarta: Rineka Cipta.
Samani, Muchlas. 2012. “Hariyanto. 2012.” Konsep Dan Model Pendidikan Karakter 5.
Sanjaya, H Wina. 2016. Media Komunikasi Pembelajaran. Prenada Media.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
———. 2016. “Metode Kualitatif Dan Kuantitatif.” In , Cetakan ke. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Navita Dwi Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.