Manajemen Pengembangan Pada Kompetensi Guru Pai Di SD Negeri 124 Rejang Lebong

Authors

  • Neng Elita SDN 124 Rejang Lebong

Keywords:

Manajemen Pengembangan, Kompetensi, Guru PAI

Abstract

Pengembangan kompetensi guru tentunya adalah sesuatu yang diperlukan bagi para guru selain sudah menjadi keharusan bagi seseorang yang memilki profesi guru hal tersebut juga merupakan sebuah kebutuhan bagi kelembagaan. Guru pendidikan agama islam tentunya juga di tuntut untuk mampu melakukan pengembangan kompetensi diri masing-masing. Selain itu guru PAI memiliki beragam nama dalam pandangan islam yang telah menambah nilai keislaman dan kualitas guru. Diantara nama yang diberikan terhadap guru PAI yaitu ustad, mua’allim, murabbiy, mursyid, muddarid dan muadib. Pada setiap nama memilki klasifikasi nilai serta fungsi yang memiliki dampak atas kompetensi guru PAI. Dalam kompetensi tentunya guru PAI memerlukan kemampuan untuk kelembagaan sub sitem lembaga. Sedangkan manajemen adalah sarana yang digunakan para guru untuk melakukan pengembangan keselarasan terhadap konsep kompetensi, nilai, serta penampilan guru. Di dalam proses manajemen guru memilki lima kompetensi yang terdiri dari kepribadian, profesional, pedagogik, sosial dan kepemimpinan. Kompetensi tersebut kemudian akan menjadi kekuatan terhadap kelemahan pengembangan kompetensi guru yang nantinya akan menjadi peluang dari hambatan dalam menghadapi tantanggan eksternal.

References

Andina, Elga. 2018. “Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 9(2):204–20. doi: 10.46807/aspirasi.v9i2.1103.

Darussalam, Jurnal, and Jurnal Pendidikan. 2019. “MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI Husna Amalia.” XI(1):132–47.

Hambali, Muh. 2016. “MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PAI.” 1.

Huda, Mualimul. 2018. “Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai).” Jurnal Penelitian 11(2):237–66. doi: 10.21043/jupe.v11i2.3170.

Masudah, Laili. 2021. “Kompetensi Pendidik Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Pai Pada Masa Belajar Dari Rumah.” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 17(1):1–15.

Munawwarah, R. Al, and G. B. Ilyas. 2021. “Analisis Kompetensi Guru Dan Sarana Prasarana Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” YUME: Journal of … 4(3):71–86. doi: 10.37531/yume.vxix.x78.

Myori, Dwiprima Elvanny, Krismadinata Chaniago, Rahmat Hidayat, Fivia Eliza, and Radinal Fadli. 2019. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android.” JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional) 5(2):102. doi: 10.24036/jtev.v5i2.106832.

Pakpahan, Poetri Leharia, Umi Habibah, Universitas Islam, Negeri Sunan, Kalijaga Indonesia, Islamic Religious, Pendidikan Agama, and Karakter Religius. 2021. “MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM.” 2(1):1–20.

Saragih, A. Hasan. 2008. “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar.” Jurnal Tabularasa 5(1):23–34.

Sutardi, S., and S. Sugiharsono. 2016. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 3(2):188–98. doi: 10.21831/hsjpi.v3i2.8400.

Werdayanti, Andaru, and Latar Belakang. 2008. “Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Dinamika Pendidikan 3(1):79–92. doi: 10.15294/dp.v3i1.434.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles