Peran Motivasi Kerja Pada Produktitivitas Guru PAI Di SD Negeri 59 Rejang Lebong

Authors

  • Neni Lestari SD N 59 Rejang Lebong

Keywords:

Motivasi Kerja, Guru PAI, Produktivitas

Abstract

Salah satu yang menjadi bagian penting dalam mutu pendidikan adalah tenaga pendidik, yakni guru. Pada upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional, melalui depdiknas pemerintah sampai saat ini telah melakukan banyak perubahan serta pembaharuan didalam sistem pendidikan yang profesional. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah yakni memiliki kaitan pada faktor guru terutama pada kinerjanya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peran motivasi kerja terhadap produktivitas guru pendidikan agama Islam SD Negeri 59 Rejang Lebong. Pendekatan kualitatif ini menggambarkan bagaimana peran motivasi kerja yang diperoleh oleh guru PAI sehingga dapat mempengaruhi produktivitas guru saat melakukan proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Motivasi kerja juga berperan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI hal tersebut dilihat dari berproses pembelajaran yang dilaksanakan menjadi lebih baik dari sebelumnya dan memiliki kepekaan untuk bersikap terbuka serta tanggap dalam segala sesuatu, siap mencoba serta melakukan sesuatu dengan optimis.

References

Andina, Elga. 2018. “Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 9(2):204–20. doi: 10.46807/aspirasi.v9i2.1103.

Fauziah, Amni, Asih Rosnaningsih, Samsul Azhar, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2017. “HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PORIS GAGA 05 KOTA.” 4(1).

Huda, Mualimul. 2018. “Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai).” Jurnal Penelitian 11(2):237–66. doi: 10.21043/jupe.v11i2.3170.

Humaidi, Humaidi, and Moh. Sain. 2020. “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5(02):146–60. doi: 10.46963/alliqo.v5i02.238.

Jufni, Muhammad. dkk. 2015. “Kreativitas Guru Pai Dalam Pengembangan Bahan Ajar Di Madrasah Aliyah Jeumala Amal Lueng Putu.” Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah 3(4):64–73.

Lathifatus, Siti. 2019. “Dosen Fakultas Agama Islam Unisda Lamongan 1.” Sinergi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Saat Pandemi Covid 2(November):1–16.

Mitra, Rahendra Maya, and Moch Yasyakur. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020.” Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah 1(1):95–104.

Munawwarah, R. Al, and G. B. Ilyas. 2021. “Analisis Kompetensi Guru Dan Sarana Prasarana Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” YUME: Journal of … 4(3):71–86. doi: 10.37531/yume.vxix.x78.

Rina, Herawati, Mujahidin E., and Al Hamat Anung. 2019. “Hubungan Motivasi Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pai Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor.” Jurnal Teknologi Pendidikan 8(2):235–46.

Saragih, A. Hasan. 2008. “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar.” Jurnal Tabularasa 5(1):23–34.

Sutardi, S., and S. Sugiharsono. 2016. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 3(2):188–98. doi: 10.21831/hsjpi.v3i2.8400.

Tetambe, Ahmad Ghifari, and Dirman Dirman. 2021. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Ict.” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 7(1):80. doi: 10.31332/zjpi.v7i1.2920.

Werdayanti, Andaru, and Latar Belakang. 2008. “Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Dinamika Pendidikan 3(1):79–92. doi: 10.15294/dp.v3i1.434.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles