Penggunaan Bahan Ajar Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Masa BDR Di Kelas 6 SD Negeri 120 Rejang Lebong

Authors

  • Mustolih SD Negeri 120 Rejang Lebong

Keywords:

Bahan Ajar, BDR, Video Pembelajaran.

Abstract

Pandemi covid 19 membuat pembelajaran di sekolah tidak dapat dilakukan secara tatap muka, pembelajaran dilaksanakan mealui jarak jauh atau BDR (belajar dari rumah), oleh karenanya guru dituntut dapat membuat materi ajar yang dapat menunjang kegiatan belajar, diantaranya dengan membuat bahan ajar dalam bentuk video. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bahan ajar video dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada masa BDR. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara via telepon dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahawa 100% peserta didik memiliki akses terhadap smartphone/android baik milik sendiri maupun milik keluarga mereka (ibu/ayah/kakak). Video pembelajaran dibagikan ke grup WA dan peserta didik dapat mengaksesnya. . Dari hasil evaluasi pembelajaran pada siklus 1 ketuntasan belajar mencapai 77% dan meningkat menjadi 94% pada siklus 2. Melihat hasil belajar tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa bahan ajar dalam bentuk video cukup efektif digunakan pada masa BDR akibat pandemi covid 19, sebagai alternatif menggantikan kehadiran guru secara visual.

References

Ahmad, Muhammad Yusuf, and Siti Nurjannah. (2016) "Hubungan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, Vol 13.No 1

Hadi, Sofyan. 2017. "Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar." Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017.

Handayani, Sri Rida. (2018) "Peningkatan Prestasi Belajar Ips Materi Lingkungan Alam Dan Buatan Melalui Media Tiga Dimensi." Jurnal Pendidikan Guru, Vol 1.No 1

Hidayah, Wahyu. (2019) ."Peran konseling dalam meningkatkan kinerja karyawan." Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Sosial.

Iftitah, Selfi Lailiyatul, and Mardiyana Faridhatul Anawaty (2020). "Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19." JCE (Journal of Childhood Education), Vol 4.No 2

Kamali, Kamali. ,(2018) "Pendidikan Agama Islam Dan Kebudayaan: Pendidikan." Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol 4.No 2

Mashuri, Kahar. (2020) "Strategi Pembelajaran Daring Guru Sekolah Menengah Pertama Di Era Covid-19 Studi Pada Guru SMP Negeri I Bahorok Kabupaten Langkat." Jurnal Berbasis Sosial, Vol 1.No 2

Nurdyansyah, Nurdyansyah. (2018) "Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar." Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Parlindungan, Doby Putro, dkk. (2020) "Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah." Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Vol. 1. No. 1.

Sugiana, Aset. (2019) "Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya di MTS Nurul Ummah Yogyakarta." Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.16.No 1

Susianti, Oni Marlina, dkk (2020). "Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Tentang Akhlak TerpujI." Jurnal Ilmiah Ibtida: Jurnal Prodi PGMI STIT Pemalang, Vol. 1.No. 2

Syahrowiyah, Titin. (2016) "Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar." Studia Didaktika 10.02

Yuliazmi, dkk (2018). "Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Penyediaan Presentasi Video Pengetahuan Sains Anak Usia Tk Melalui Media Website Youtube Pada Tk Al Anshary Kunciran Indah." Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Vol. 1. No. 1.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles