Strategi Kepala Sekolah dalam Mengoptimalkan Internalisasi Nilai-nilai PAI di SD Negeri 07 Kepahiang
Keywords:
Strategi Kepala Sekolah, Nilai-nilai PAIAbstract
Kepala sekolah menjadi salah seorang sosok penting dalam hal menyukseskan internalisasi nilai-nilai PAI di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang melibatkan subjek penelitian utama yaitu kepala sekolah yang didukung juga dengan guru senior dan warga setempat untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai PAI beserta faktor pendukung dan penghambatnya di SD Negeri 07 Kepahiang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik dianalisis melalui pendekatan Miles dan Huberman yaitu tahap pengumpulan data (data collection), tahap reduksi data (data reduction), tahap penyajian data (data display), dan tahap penarikan kesimpulan (conclusions/ verifying). Dalam mengoptimalkan internalisasi nilai-nilai PAI di SD Negeri 07 Kepahiang terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi strategi kepala sekolah. Faktor internalnya ialah muatan pembelajaran PAI yang dirasa kurang, pengaruh terhadap teman sebaya peserta didik dan media sosial, serta perlunya pembiasaan literasi Islam. Adapun faktor eksternal yaitu datang dari sisi masyarakat yang menginginkan adanya penambahan materi dan penguatan pembelajaran PAI di sekolah. Strategi kepala sekolah dalam mengoptimalka internalisasi nilai-nilai PAI di SD Negeri 07 Kepahiang yaitu 1) memasukkan Baca Tulis Al-Qur'an sebagai mata pelajaran pokok, 2) pembentukan penanggung jawab kegiatan, 3) penguatan pendidikan akhlak dan adab Islam, dan 4) pengembangan kompetensi guru PAI.
References
Amin, S. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Diklat Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI Dan Budi Pekerti. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 83-100.
Angdreani, V. W. (2020). Implementasi metode pembiasaan: upaya penanaman nilai-nilai islami siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 1-21.
Awaliyah, T. (2018). Konsep pendidikan Akhlak Menurut Sa’id Hawwa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(1), 23-38.
Chadidjah, S. K. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah dan Tinggi. Al-Hasanah: Islamic Religious Education Journal, 6(1), 114-124.
Faiz, A. H. (2020). Internalisasi Nilai Kesantunan Berbahasa Melalui Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 13-28.
Fajriana, A. W. (2019). antangan Guru Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Milenial. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 246-265.
Kusen, K. H. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dan Implementasinya Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 175-193.
Ma'arif, M. A. (2017). Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI Menurut Az-Zarnuji. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35-60.
Maharani, S. (2020). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini. urnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1288-1298.
Mardiana, D. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 34-52.
Muflihin, A. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa sebagai Kecakapan Abad 21. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91-103.
Noprika, M. Y. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224-243.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurul Umroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.