Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Implementasi Kurikukulum Merdeka
Keywords:
Guru, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum MerdekaAbstract
Pendidikan merupakan bagian penting di hihidupan manusia. Mengacu pada hal tersebut, itu berarti bahwa setiap orang berhak mendapatkan pendidikan. Pendidkan juga merupakan bagian dari cara suatu bangsa untuk merubah nasib bangsa yang tertinggal menjadi bangsa yang maju. Dengan perkembangan kurikulum yang terus dilakukan adalah upaya untuk memenuhi kompetensi yang dibutuhkan. Perbaikan kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka adalah salah satu upaya menyikapi hal tersebut. Penelitian ini memilki tujuan untuk menggambarkan kemampuan guru dalam mata pelajaran pendidikan agama islam dalam menghadapi penerapan kurikulum merdeka. Penelitian kualitatif ini ditekankan pada pemaparan deskritif yang dilihatkan dalam menggambarkan fenomena yang ada, baik fenomena bersifat ilmiah ataupun rekayasa manusia. Subjek dari penelitian ini adalah jurnal penelitian terdahulu berstandar yang sesuai dengan penelitian yang ada. Metode penelitian pengumpulan adalah teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti.
References
Amelia, Delora Jantung. 2018. “Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Wajak.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2(2):21–29. doi: 10.30651/else.v2i2.1717.
Assingkily, Muhammad Shaleh. 2020. “Upaya Mewujudkan Program Kampus Merdeka Pada Kurikulum PGMI STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara.” At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4(2):62. doi: 10.30736/atl.v4i2.263.
Hidayani, Masrifah. 2018. “Model Pengembangan Kurikulum.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 16(2):375. doi: 10.29300/attalim.v16i2.845.
Munif, Muhammad. 2017. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pai Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(2):1–12. doi: 10.33650/edureligia.v1i2.49.
Nehe, Berita Mambarasi. 2021. “Analisis Konsep Implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Masa Pendemik Di STKIP Setia Budhi Rangkasbitung 2021.” Prosiding Seminar Nasional Setiabudhi 1(1):13–19.
Raharjo, Raharjo. 2020. “Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai Dengan Merdeka Belajar 2020.” PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan 15(1):63. doi: 10.20961/pknp.v15i1.44901.
Rahimah. 2022. “Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022.” JURNAL Ansiru PAI 92–106.
Teguh, Mulyo. 2013. “Gerakan Literasi Sekolah Dasar.” 18–26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Revi Ujiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.