Rendahnya Minat Siswa SMP Negeri 28 Bengkulu Tengah Dalam Belajar Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Minat, Belajar.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap guru yang sudah melaksanakan sertifikasi maupun yang belum melaksanankan sertifikasi dalam proses belajar mengajar siswa. Metodologi penelitian field research yaitu penelitian lapangan atau penelitian langsung dilokasi dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 28 Bengkulu Tengah yaitu berasal dari factor internal dan factor eksternal. Faktor internal disini yaitu factor yang datang dari siswa sendiri seperti kebiasaan belajar yang kurang baik, rendahnya daya ingat siswa, kemampuan konsentrasi siswa untuk mau mendengarkan, melihat dan memeahami mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Karna sering ditemukan siswa yang ngobrol sendiri saat belajar dan ramai dalam kelasFaktor eksternal disini yaitu factor yang berasal dari luar siswa seperti pengaruh teman belajar yang kecenderingan ramai di dalam kelas. Faktor Eksternal, yang dapat menyebabkan kesulitan belajar bagi siswa dapat berupa guru, kualitas pembelajaran, instrumen dan fasilitas pembelajaran, serta lingkungan sosial dan keluarga.
References
Abdul Rahman Shaleh dkk. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2004.
Liang Gie. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Liberty. 1995.
M. Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 1997.
Muhibbin Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2003.
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rina Sawani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.