Pengaruh Pengetahuan Pembelajaran Mata Pelajaran PAI Terhadap Perilaku Siswa Dalam Menjalankan Shalat Lima Waktu Di SD Negeri 17 Seluma

Authors

  • Refi Mai Zura SD Negeri 17 Seluma

Keywords:

Mata Pelajaran PAI, Perilaku Siswa, Sholat

Abstract

Shalat merupakan bagian dari rukun Islam yang kedua setelah membaca dua kalimat syahadat. Shalat mulai diwajibkan pada malam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw yang menurut kebanyakan ulama terjadi lima tahun sebelum Nabi Muhammad saw berhijrah ke Madinah. Shalat termasuk kewajiban yng amat besar. Shalat tidak hanya merupakan perwujudan rasa terima kasih terhadap nikmat yang dianugerahkan Allah SWT, tetapi juga mempunyai dampak positif bagi yang melaksanakannya. Dampak tersebut diantaranya ialah selalu terjalinnya hubungan yang erat antara seorang hamba dan pencipta yang membawa kenikmatan, keamanan, ketenangan dan kesenangan yang diwujudkan dalam bentuk pernyataan diri dan penghambaan kepada Allah SWT. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti sajikan maka dapat penulis simpulkan bahwa: Siswa mengetahui  adanya pembelajaran mata pelajaran PAI mengenai shalat lima waktu, mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan syari’at Islam dalam kategori baik di SD Negeri 17 Seluma. Perilaku siswa  dalam pelaksanaan shalat lima waktu dalam kategori baik, siswa sudah menjalankan shalat lima waktu dengan baik dan benar sesuai dengan rukun dan hukum yang telah ditentukan dalam syari’at Islam di SD Negeri 17 Seluma.

References

Anggota IKAPI. 2001. Undang-Undang Sisdiknas. Bandung: Fokusmedia.

Al-jazri, Abdurahman. 1994. PAI Empat Mazhab. Jakarta: Darus Ulum Press.

Azzam, Abdul Aziz Muhammad Hawas, Dkk. 2010. PAI Ibadah. Jakarta: Amzah

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyyah. 2003. Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Bigha Mustafa Diibul. 1984. PAI Syafii. Terjemah Adlchiyah Sunarto, dkk. Bandung: CV Bintang Pelajar.

Dimayanti, dkk. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.

Hanafi. Tuntuna shalat lengkaf. Jakarta: Bintang Indonesia.

Jailan Abdul Qadir. 2001. Fikih Tasawuf. Terjemah Ghoffar M Abdul. Bandung: Pustaka Hidayah.

Kunandar. 2013. Penelitian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurukulum 2013). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Mardalis. 2003. Metode Penelitian Suatu Pendidikan Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muqniyah, M. Jawad. 2006. PAI Lima Mazhab. Jakarta: lentera.

Nazir, Muhammad. 2005. Metode Penelitian. Bogor Selatan: Ghana Indonesia

Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan. Bogor: Kencana

Rifa’i, moh. 2011. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Semarang: PT. Karya Toha Putra Semarang.

Supiana, dkk. 2012. Materi Pendidikan Agama Islam. Terj Ahmad tafsir. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfa Beta.

Syarifudin, Amir. 2010. Garis-garis Besar PAI. Jakarta : Kecana.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles