Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Zakat Dengan Menggunakan Metode Team Quiz Pada Kelas Vi Sdn 35 Bathin Solapan Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Salim SDN 35 Bathin Solapan, Bengkalis-Riau

Keywords:

Metode pembelajaran, , team quiz, hasil belajar

Abstract

Penerapan metode team quiz untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dilakukan pada materi Zakat di kelas VI SDN 35 Bathin Solapan pada semester I. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 18 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis deskriptif yaitu analisis yang digunakan untuk memberikan gambaran tentang peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan metode team quiz. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah rata-rata nilai pada pra siklus sebesar 59,44; siklus 1 sebesar 70,55; dan suklus 2 sebesar 79,44. Ketuntasan belajar klasikal pada pra siklus sebesar 33,33%, siklus 1 sebesar 72,22%, dan siklus 2 sebesar 88,88%. Ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal yang signifikan dan menandakan bahwa metode team quiz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok Zakat di kelas VI SDN 35 Bathin Solapan.

References

Hufad, Achmad. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Program Peningkatan Kualifikasi Guru Madrasah dan Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo. Sudjana, Nana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles