Implementasi Metode Resitasi Pada Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas 7 SMPS IT Darul Fikri Kec. Arga Makmur. Kab. Bengkulu Utara

Authors

  • Rini Sunita SMPS IT Darul Fikri, Bengkulu Utara

Keywords:

Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui penerapan metode Resitasi dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas 7 SMPS IT Darul Fikri Kec. Arga Makmur. Kab. Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 7 SMPS IT Darul Fikri Kec. Arga Makmur. Kab. Bengkulu Utara yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Gambaran proses pembelajaran siswa sebelum penerapan metode Resitasi atau tes awal belum mencapai nilai ketuntasan KKM, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 8 orang dan siswa yang tidak tuntas 15 orang dengan perolehan rata-rata yaitu 54,02. 2) Penerapan metode Resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa terdiri dari dua siklus. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 10 siswa dari 13 jumlah siswa dengan rata-rata 73,46 sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 16 siswa dari 7 siswa dengan perolehan rata-rata 83,07, penerapan metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa apa yang di inginkan peneliti sudah tercapai sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya.

References

Alipandie, Imansyah. 1984. Didaktik Metodik Pendidikan. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.

Harmawati. 1993. Pengaruh Pemberian Tugas Secara Terstruktur TerhadapKemampuan Menyelesaikan SoalSoal. Jakarta: Bumi Aksara. cet. 1 I.L.

Pasaribu. 1986. Didaktik Metodik. Bandung: Tarsito.

Mulyani. S dan Johar Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Rostiyah, N.K., 1989. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman A.M., 1987. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru, Jakarta: Rajawali Press.

Shihab, Quraish. 2012. Tafsir al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian alQur’an Volume 14, Jakarta: Lentera Hati. cet. ke -5

Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit (SKS). Jakarta: Bumi Aksara. cet. 1

Sudirman. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Bina Aksara. Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru al-Gesindo. cet. 2

Syah, Darwyan, et. al., Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Faza Media, 2006, cet. 1

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Bandung: Remaja

Rosdakarya. Wiryawan, Sri Anitah. 1990. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles