Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SD Negeri 81 Rejang Lebong

Authors

  • Rike Kamelya SD Negeri 81 Rejang Lebong

Keywords:

Pendidikan Karakter, Guru PAI, Hambatan

Abstract

Penelitian ini memilki tujuan untuk menganilis hambatan guru PAI terhadap pembentukan karakter siswa di Sekolah Dasar. Yang mana pada model sekolah ini, pendidikan karakter telah ditanamkan semenjak sekolah ini didirikan. Metode yang digunnakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan yang menjadi objek penelitian adalah SD Negeri 81 Rejang Lebong. Pengumpulan data dilakukann dengan observasi secara langsung, wawancara, dan dokumentsi. Analisis data memanfaatakan pengumpulan data, reduksi data penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan hal apa saja yang menjadi hambatan bagi para guru, terutama guru PAI dalam proses pembentukan karakter para siswa. Hambatan tersebut terdapat dari dalam meliputi guru yang kurang bisa memahami kondisi serta karakteristik dari masing-masing siswa. Kurangnya sarana dan prasanan dalam menunjang proses pembelajaran, dan juga terdapat hambatan dari luar yakni kurangnya partisispasi orang tua dalam proses pembentukan karakter.

References

Agustinova, Danu Eko. 2015. “Hambatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Islam Terpadu Studi Kasus SDIT Al-Hasna Klaten.” 12(1):12–18.

Ahsanulkhaq, Moh. 2019. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2(1). doi: 10.24176/jpp.v2i1.4312.

Anon. n.d. “KENDALA GURU DALAM INTERNALISASI NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH Tsabit Azinar Ahmad Jurusan Sejarah Dan.”

Badry, Intan Mayang Sahni, and Rini Rahman. 2021. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius.” An-Nuha 1(4):573–83. doi: 10.24036/annuha.v1i4.135.

Hambali, Muh. 2016. “MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PAI.” 1.

Humaidi, Humaidi, and Moh. Sain. 2020. “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5(02):146–60. doi: 10.46963/alliqo.v5i02.238.

Jai, Ani Jailani, Chaerul Rochman, and Nina Nurmila. 2020. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(2):257–64. doi: 10.24042/atjpi.v10i2.4781.

Kapatan, Silmi, Inda Robby, Dina Abdilah, Aiman Faiz, Politeknik Al, Islam Bandung, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Cirebon, and Jurnal Education. 2022. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI COVID-19 : PROSES PEMBELAJARAN DAN HAMBATAN.” 10(1):234–39.

Mitra, Rahendra Maya, and Moch Yasyakur. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020.” Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah 1(1):95–104.

Munawwarah, R. Al, and G. B. Ilyas. 2021. “Analisis Kompetensi Guru Dan Sarana Prasarana Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” YUME: Journal of … 4(3):71–86. doi: 10.37531/yume.vxix.x78.

Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, and Imam Taulabi. 2020. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan.” EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 2(1):55–66. doi: 10.33367/jiee.v2i1.995.

Pakpahan, Poetri Leharia, Umi Habibah, Universitas Islam, Negeri Sunan, Kalijaga Indonesia, Islamic Religious, Pendidikan Agama, and Karakter Religius. 2021. “MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM.” 2(1):1–20.

R, Neneng Titat, and Tuti Yuliawati W. 2017. “Analisis Hambatan Belajar ( Learning Obstacle ) Siswa SMP Pada Materi Statistika.” 8(1):76–86.

Roziqin, Muhamad Khoirur, and Sholeh Abdul Baqi. 2021. “Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran Dalam Meningkatkan Pengembangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Sma Di Kabupaten Jombang.” DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman 6(1):55–76. doi: 10.32764/dinamika.v6i1.1550.

Salamah, Salamah. 2020. “Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0.” SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 2(1):26–36. doi: 10.37680/scaffolding.v2i1.281.

Saragih, A. Hasan. 2008. “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar.” Jurnal Tabularasa 5(1):23–34.

Sitorus, Syahrul, Delvi Andriadi, Syarah Juwita, and Wahyu Dian Nasution. 2020. “Pola Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas Vii C Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Pab 1 Helvetia.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam 1(2):36–54. doi: 10.51672/jbpi.v1i2.7.

Downloads

Published

2022-12-25

Issue

Section

Articles