Merdeka Belajar: Menciptakan Siswa Bernalar Kritis, Kreatif Dan Mandiri

Authors

  • Siswati SDN 166 Rejang Lebong

Keywords:

Bernalar Kritis, Kreatif , Mandiri, Merdeka Belajar

Abstract

Pembelajaran merdeka belajar merupakan aktualisasi pembentukan kompetensi karakter peserta didik. Hal tersebut menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan berbagai kegiatan sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan. Guru harus menguasai prinsip-prinsip pembelajaran, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran, pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran, keterampilan menilai hasil-hasil belajar peserta didik, serta memilih dan menggunakan strategi atau pendekatan pembelajaran.bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis, kreatif dan mandiri pada peserta didik SDN 166 Rejang Lebong. Peneilih mengambil penelitian lapangan dengan mengunakan observasi dan stadi dokumen di sekolah SDN 166 Rejang lebong. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran kurikulum merdeka dapat meningkatkan kemempuan berfikir kritis, kreatif dan mandiri pada peserta didik. Artinya peserta didik merdeka dalam belajar.

References

Kalam Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam Jakarta : 2012

M Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam Jakarta: Ciputat Pres,2002

Mu’awanah, Strategi Pembelajaran Kediri: STAIN Kediri Press, 2011

Nadiem Anwar Makarim, Pidato Mendikbud pada Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019, 11 Desember 2019, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/pidato-mendikbud-dalam-peringatan-haripendidikan-nasional-tahun-2020 diakses pada 18 November 2022

Poerwadarminta, kamus besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka,1995 Muhibbin Syah , Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru , Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008

R.Suyato Kusumaryono, 18 Februari 2020, https://gtk.kemdikbud.go.id/readnews/merdeka-belajar, diakses pada 18 November 2022

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Downloads

Published

2022-12-25

Issue

Section

Articles